Babinsa Memberikan Materi Pendidikan Pancasila & Bela Negara bagi Siswa SMPN 14 Purwodiningratan

by
WhatsApp Image 2019-11-13 at 10.44.03

SURAKARTA, Bratapos.com – Babinsa Kelurahan Purwodiningratan Serka Samsuri Koramil.04/Jebres Kodim 0735/Surakarta memberikan materi  Pendidikan Pancasila dan Bela Negara yang diselenggarakan di Sekolah SMPN 14 Purwodiningratan Jalan Prof.W.Z.Yohanes No.54 Rt.03/Rw.07. Kelurahan Purwodiningratan Kecamatan Jebres Kota Surakarta.

Kegiatan Pendidikan Pancasila dan Bela Negara diikuti Siswa Kelas IX .Kegiatan ini bertujuan untuk menanamkan rasa tanggung jawab di hati siswa dan guru untuk tetap setia, cinta, patuh terhadap Pancasila dan UUD 45.

Bela Negara adalah tekad, sikap, dan perilaku warga negara yang dilakukan secara teratur, menyeluruh, dan terpadu serta dijiwai oleh kecintaan kepada NKRI berdasarkan pancasila dan UUD 1945 dalam menjamin kelangsungan hidup Bangsa dan Negara.

Dasar hukum undang-undang tentang upaya bela negara yaitu:
-Pasal 27 ayat (3) UUD 1945 menyatakan bahwa semua warga Negara berhak dan wajib ikut serta dalam upaya pembelaan negara. Bela negara adalah bentuk kecintaan kepada negara kesatuan republik Indonesia (NKRI) yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

Pembelaan negara bukan semata-mata tugas Tentara Nasional Indonesia (TNI), tetapi segenap warga negara sesuai kemampuan dan profesinya. Bela negara jika secara fisik dilakukan dengan mengangkat senjata menghadapi serangan atau agresi musuh, secara non-fisik dapat didefinisikan sebagai segala upaya untuk mempertahankan Negara dengan cara meningkatkan rasa nasionalisme, yakni menanamkan kecintaan terhadap tanah air, serta berperan aktif dalam memajukan bangsa dan negara.

Dalam rangka meningkatkan rasa cinta terhadap negara Indonesia, maka Direktorat Pembinaan SMP, Ditjen Dikdasmen Kemdikbud berupaya keras untuk melaksanakan program-program yang mengarah pada upaya pembelaan kepada negara, salah satu program kegiatan yang dilakukan adalah Asistensi Pendidikan Pancasila dan Bela Negara, merupakan bagian dari Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) bagi Siswa Sekolah Menengah Pertama.

Reporter      : Agus/Arief

Editor           : Nr

Publisher     : Redaksi

Facebook Comments