by

Meski Terkontaminasi Limbah Pabrik, Warga Sukamakmur Manfaatkan Sungai Ciherang

BEKASI, Bratapos.com – Sepanjang sungai ciherang di Kabupaten Bekasi Jawa Barat yang dahulu jernih dan dimanfaatkan untuk mencuci pakaian, kini berubah menjadi air limbah hitam dan bau menyengat.

Namun demikian, sebagian warga masyarakat Kampung Pembetokan, Desa Sukamakmur, Kecamatan Sukakarya, Kabupaten Bekasi masih memanfaatkan sungai tersebut.

“Karena saya sudah biasa mandi dan cuci pakaian di sungai ini, soalnya saya tidak punya sarana air bersih di rumah,”ungkap Onyih (50), warga Desa Sukamakmur Rt.02/04. Rabu (30/10).

IMG-20191030-WA0303

Onyih menjelaskan, hitamnya sungai ciherang di Kabupaten Bekasi, akibat limbah pabrik yang ada di wilayah cikarang.

“kalau dahulu air ini bersih, ya mungkin akibat banyaknya pabrik-pabrik di cikarang yang buang air limbah ke sungai ciherang ini, jadi air berubah sampai hitam. Ya walaupun hitam, warga di sini tetap saja manfaatkan airnya. Kami tidak tahu akibatnya nanti akan seperti apa dengan memanfaatkan air yang sudah di campur limbah pabrik ini,”jelasnya.

Aba, selaku kaur pemerintahan Desa Sukamakmur berharap kepada Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bekasi, agar bisa menindaklanjuti permasalahan sungai ciherang tersebut.

“Saya dari pemerintahan Desa Sukamakmur berharap kepada Dinas terkait, khususnya Kabupaten Bekasi agar bisa turun tangan, untuk menindaklanjuti permasalahan sungai ciherang yang keruh, akibat pabrik yang tidak bertanggungjawab yang telah mencemari sungai ini,”katanya.

Lanjutnya, sungai kampung pembetokan muara, yang bermula dari kali ciherang kini ikut tercemar, padahal penduduk disini banyak yang menggunakan air tersebut.

Reporter : wro/zw

Editor / publisher : zai

REKOMENDASI UNTUK ANDA