Tim Penggerak PKK Blora Peringati Hari CTPS Di SDN 1 Todanan

95

BLORA, Bratapos.com – Tim Penggerak (TP) PKK Kabupaten Blora peringati Hari Cuci Tangan Pakai Sabun se-Dunia di Sekolah Dasar  Negeri 1 Todanan Kecamatan Todanan, Blora. Kamis (24/10).

Peringatan Hari Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) se-Dunia yang jatuh pada tanggal 15 Oktober lalu diperingati oleh TP PKK Kabupaten Blora bersama para siswa-siswi SDN 1 Todanan, yang dilanjutkan ke kantor kecamatan Todanan.

Peringatan CTPS se-Dunia dihadiri oleh Pelaksana Ketua TP PKK Kabupaten Blora, Umi Khulsum para Pejabat Struktural Pemkab Blora,  Camat Todanan,Kapolsek,Koramil, Kepala Sekolah SDN 1 Todanan.

Sunarji kapala sekolah SDN 1 Todanan menyambut baik kegiatan yang dilaksanakan oleh TP PKK Kabupaten Blora tersebut, “gerakan Cuci Tangan Pakai Sabun merupakan gerakan yang sederhana namun sangat bermanfaat guna menghindari penyakit diare selain itu kita juga harus memperhatikan Sanitasi Sekolah untuk mendukung gerakan tersebut, untuk itu saya menyambut baik kegiatan ini”, katanya.

Selain itu Sunarji juga mengapresiasi TP PKK yang juga telah turut mengkampanyekan penggunaan Tumbler (wadah air minum), hal tersebut seiring dengan Program Pemerintah untuk mengurangi penggunaan gelas plastik yang berakibat bertambahnya sampah plastik yang sulit terurai.

“Saya mengapresiasi Tim Penggerak PKK yang selama ini saya lihat turut mengkampanyekan penggunaan Tumbler, dengan demikian TP PKK juga turut mensukseskan Program Pemerintah tentang mengurangi penggunaan plastik. Seperti kita tahu, sampah plastik sangat sulit dan membutuhkan proses lama untuk terurai secara alami oleh alam,” ujar Sunarji.

Sunarji juga menghimbau kepada siswa-siswi untuk membiasakan diri sejak dini mencuci tangan menggunakan sabun setelah berbagai macam kegiatan disekolah maupun lainnya.

“Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) merupakan langkah kecil untuk memulai hidup sehat, dimana perilaku sederhana ini bisa melindungi peserta didik dari penyakit seperti diare dan gangguan saluran pernafasan. Oleh karena itu, saya menghimbau pada kita semua agar melakukan kegiatan bersama cuci tangan pakai sabun dengan air mengalir setelah melakukan beberapa kegiatan di sekolah, diluar sekolah maupun di rumah,” himbau Sunarji.

Menutup arahannya Sunarji mengajak seluruh elemen masyarakat untuk membiasakan diri mencuci tangan pakai sabun. “Mari bersama-sama kita jadikan Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia ini, sebagai salah satu upaya untuk mendorong dan mendukung budaya mencuci tangan secara global dan lokal di Kabupaten Blora,terutama diwilayah asuhan didikanya.” pungkasnya.

Reporter  : Bambang

Editor       : Nr

Publisher : Redaksi

Facebook Comments