20 Orang Ikuti Pelatihan Penjualan Pariwisata On Line

by
Kepala Disporapar Kabupaten Kendal Ir. Agung Setiawan saat memberikan sambutan pada pelatihan Kewirausahaan Content Digital Marketing / foto adp
Kepala Disporapar Kabupaten Kendal Ir. Agung Setiawan saat memberikan sambutan pada pelatihan Kewirausahaan Content Digital Marketing / foto adp

KENDAL, Bratapos.com – Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Pemprov Jawa Tengah, menggelar Pelatihan Kewirausahaan Content Digital Marketing bagi para pelaku wisata, Senin (21/10/2019), di Ruang Cendrawasih loka wisata Tirto Arum Baru Kendal.

Pelatihan akan dilaksanakan selama 3 hari dari tanggal 21 -23 Oktober 2019), diikuti oleh 20 orang pegiat wisata yang berasal dari Kabupaten Kendal, Grobogan, Demak dan Kota Semarang.

Digital Marketing adalah penggunaan perangkat digital untuk melakukan kerja pemasaran atas produk atau jasa yang akan dijual. Sesuai namanya, sistem marketing ini mengharuskan kita menggunakan perangkat digital seperti website dan media sosial seperti Facebook, Instagram serta berbagai saluran internet termasuk WhatAps, Line, Telegram dan lain-lain.

Keunggulan dari digital marketing antara lain bisa bekerja 24 jam, biaya lebih murah, daya jangkaunya sangat luas, mudah untuk diakses dan dapat dengan mudah untuk mengetahui respon dari masyarakat.

Dalam sambutannya, Trenggono SiP M.Par selaku Kabid Pembinaan SDM Pariwisata, mengatakan bahwa pelatihan kewirausahaan content digital marketing ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan yang handal dalam memasarkan produk wisata secara on line.

” Pelatihan Digital Marketing menjadi sangat penting karena akan memperoleh banyak sekali pengetahuan antara lain bagaimana cara, strategi dan bentuk pemasaran yang bisa dilakukan “, kata Trenggono.

Selain itu, Trenggono juga menyampaikan beberapa hal yang bisa dijalankan dalam memasarkan produk pariwisata diantaranya yaitu dengan membuat foto produk wisata yang menjual, bagaimana cara menyusun kalimat promosi yang efektif, bagaimana membangun sistem manajemen keuangan, manajemen promosi yang terstruktur dan sebagainya.

Trenggono melanjutkan, bagi peserta dari Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Di Kabupaten Kendal, pelatihan ini sangat besar manfaatnya karena para peserta akan mendapatkan berbagai pengetahuan baru mengenai cara menjadi pemasar yang handal sekaligus mengembangkan pemasaran produk atau jasa yang akan dijual. Sehingga pariwisata di Kabupaten Kendal akan semakin dikenal dan berkembang.

Sementara itu, Kepala Disporapar Kabupaten Kendal Ir. Agung Setiawan mengharapkan para peserta mengikuti pelatihan dengan fokus dan serius sehingga bisa menyerap semua ilmu yang diberikan oleh fasilitator.

” Kegiatan seperti ini merupakan dukungan yang menjadi poin tersendiri bagi peningkatan anggaran dalam pengembangan pariwisata di Kabupaten Kendal “, kata Agung.

Agung Pambudi, dari UMKM Jateng mengatakan, bahwa kemudahan dan keunggulan konten pemasaran digital, menjadikannya sebagai sebuah keharusan untuk dikuasai.

Kemajuan teknologi informatika saat ini, sangat memungkinkan kita bisa memasarkan produk pariwisata tanpa harus beranjak dari tempat duduk.

” Banyak sekali produk wisata seperti desa wisata yang sangat potensial dan bisa dijual melalui penjualan secara on line “, pungkas Pambudi.

Reporter : (Adp)

Editor / publisher : zai

Facebook Comments