Swakelola dana desa tidak boleh dikendalikan oleh pihak ketiga

by
IMG-20191019-WA0361

Idi cut , Bratapos.com –  Aktivis Saiful anwar ormas LAKI mengatakan, untuk dalam pembangunan prasarana dan sarana desa diharapkan akan dilakukan fokus untuk menciptakan lapangan kerja di desa itu sendiri. Artinya, seluruh pekerjaan tidak boleh dilakukan oleh pihak ketiga, namun diswakelolakan supaya penyerapan tenaga kerja maksimal ( 19/10 ).

“Konsepnya adalah semacam cash power atau semacam pembelian-pembelian tenaga kerja yang menyerap di desa itu sendiri yang kemudian mendapatkan upah dari dana desa itu sendiri sehingga bisa menimbulkan membutuhkan daya beli di masyarakat desa,” kata saiful anwar.menyatakan, untuk desain dana desa 2019.menambahkan.

Karena proyek yang dilakukan swakelola itu pertanggungjawabannya berbeda dengan proyek yang dilakukan oleh pihak ketiga atau dikontrak kan, maka menginstruksikan agar SPJ bisa disederhanakan sehingga tidak menimbulkan disinsentif , menjalankan proyeknya secara swakelola dan penyerapan tenaga kerja maksimal.

Melihat juknisnya sehingga alokasi anggaran justru harus mengacu ke penyerapan tenaga kerja bisa maksimal. Jadi, instruksi aktivis saiful anwar.

Alokasi dasar untuk seluruh desa terutama wilayah aceh timur.

Dengan demikian, kata Saiful anwar, alokasi anggaran dana desa tepat sasaran menciptapkan lapangan kerja “Namun perlu diperkuat dari sisi pendampingan, pertanggungjawabannya juga harus diperbaiki ,” kata aktivis saiful anwar.

Reporter : ikhsan

Editor / publisher : dr

Facebook Comments