Niat Mengurangi Angka Pengangguran, Desa Simalagi Hadirkan Pabrik Sepatu Rumahan

by
IMG-20191019-WA0003

MADINA, BrataPos.com – Setiap orang membutuhkan sepatu. Oleh karena itu, peluang untuk mendapatkan keuntungan dari bisnis ini mungkin bisa merubah Perekonomian Masyarakatnya.

Itulah yang ada dibenak seorang kepala desa ini. Sebut saja kepala desa Simalagi Kecamatan Hutabargot, Kabupaten Mandailing Natal Provinsi Sumatera Utara. Desa Simalagi umumnya warga bekerja sebagai petani dan tambang masyarakat.

Melihat kondisi perekonomian masyarakatnya pihaknya mengeluarkan gagasannya dan disambut baik masyarakat untuk membuat pabrik sepatu rumahan. Hal itu untuk meningkatkan perekonomian serta mengurangi jumlah pengangguran di desanya.

Mhd Dahlan Pulungan selaku kepala desa simalagi saat diwawancarai oleh awak media ini mengatakan, kegiatan belajar pembuatan sepatu ini sudah Hampir dua pekan berlalu, masyarakat sangat antusias mengikuti pelatihan.

Masyarakat yang ingin belajar, silahkan datang, untuk pelatihan ini masyarakat tidak dibebani biaya, yang saya harapkan warga dengan sungguh sungguh belajarnya, agar kelak desa kita ini bisa menjadi pemasok sepatu di kabupaten ini, kalo bisa keluar kota. Harap Dahlan.!!.

Untuk pelatihan ini sendiri sengaja didatang tiga orang ahli dari Medan Provinsi Sumatera Utara. Satu Ahli Pola, kedua Ahli pembuatan Atas Dan ketiga Pola Pembuatan Bawah.

IMG-20191019-WA0004

Dalam pelatihan,sampai saat ini warga yang belajar sudah bisa menyelesaikan sepuluh sampe dengan dua belas pasang sepatu dalam sehari, namun untuk saat ini belum sempurnalah untuk dipasarkan, namamya juga tahap belajar, tandasnya.

Dahlan juga mengatakan, Untuk saat ini tempat pelatihan masih dirumah seorang warga yang sengaja disewa. biaya pengadaan alat alat, bahan bahan dan uang jasa para ahli semuanya diambil dari dana desa.

Masyarakat sangat manyambut baik kegiatan positif ini, mereka berharap kepada pihak pemerintah Kabupaten Mandailing Natal ikut membantu mereka terutama dibidang pemasarannya.

Reporter : HC/fz

Editor/Publisher : jml

Facebook Comments