by

Pohon Tumbang, Sebabkan 4 Orang Tewas

Korban tergencet body mobil

SITUBONDO, BrataPos.com – Nasib naas menimpa 4 orang penumpang minibus merk Panther Nopol DA 7741 IR. Mereka harus meregang nyawa akibat tertimpa pohon asam berdiameter sekitar 1 meteran.

Kejadian tersebut terjadi di jalan raya Situbondo – Banyuwangi kilometer 216+200, Desa Curah Kalak, Kecamatan Jangkar, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur.

Peristiwa yang menewaskan Zakia Qutrun Nada, 4 tahun, Badriah, 49 tahun, Latifah, 48 tahun dan Yuni, 30 tahun. Ke-empat korban itu, warga Desa Jabung, Kecamatan Tlogosari, Bondowoso, Jawa Timur. Kejadian itu, sekitar pukul 18.45 petang, hari Jum’at (11/10/2019).

Sementara 5 orang penumpang lainnya mengalami luka. Mereka Fatimah, 30 tahun mengalami patah pada kedua kakinya, Ahmad Zaini, 39 tahun (sopir) luka dibagian tangan, Ali Zulhan, 37 tahun luka dibagian dahi, Wildan, 14 tahun luka lecet dibagia tangan dan Alia, 9 tahun mengalami luka lebam dikepala.

Menurut Kapolsek Jangkar, IPTU Sadali, kronologis kejadiannya, saat rombongan hendak pulang ke arah Bondowoso dari Ponpes Sukerejo, Banyuputih, Situbondo, di Desa Curah Kalak tepatnya di jalan raya kilometer 216+200.

Di desa tersebut ada sebuah pohon asam yang sudah lapuk. Tiba-tiba tumbang menimpa kendaraan bermotor yang ditumpangi rombongan.

“Pohon itu menimpa tepat diatas mobil yang ditumpangi. 9 penumpangnya tergencet body mobil,” ujar Kapolsek Sadali.

Akibat kecelakaan tunggal itu kondisi mobil rusak parah. Kap atas mobil terlihat hancur total. 9 orang penumpangnya tergencet body mobil.

” Untuk mengevakuasi korban dibutuhkan alat berat eksavator dan mobil crane untuk memindahkan body mobil dari jalan raya. Baru kemudian para korban berhasil dievakuasi ke RSUD Asembagus. Hasilnya 4 orang meninggal dunia dan 5 orang lain luka-luka,” terang Sadali.

Kecelakaan ini menyebabkan arus lalulintas dari Situbondo – Banyuwangi dan sebaliknya mengalami kemacetan hingga kurang lebih 4 kilometer jauhnya.

Menurut Kapolsek Sadali, penyebab kecelakaan ini, murni akibat pohon yang lapuk dan kering sehingga menyebabkan tumbang.

“Kami berharap agar instansi terkait dapat menertibkan pohon-pohon yang sudah tua untuk segera dipotong. Karena ini sangat mengkhawatirkan. Apalagi sebentar lagi sudah musim hujan,” terang Kapolsek Sadali.

Reporter : Dayat

Editor/Publisher : jml

REKOMENDASI UNTUK ANDA