TANGGAPI KERESAHAN WARGA, MUI SOSIALISASIKAN PEMOTONGAN SECARA SYAR’

by
IMG-20191010-WA0354

Probolinggo – Baratapos.com – Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Probolinggo bersama Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) menggelar sosialisasi pemotongan hewan unggas secara syar’i, Selasa (8/10). Sosialisasi yang digelar di Aula DPKP Kota Probolinggo itu diikuti sebanyak 35 pengusaha ayam potong se-Kota Probolinggo.

Ketua MUI Kota Probolinggo H. Nizar Irsyad mengatakan, tujuan kegiatan tersebut untuk memberikan pemahaman tentang cara yang benar memotong hewan unggas, baik dari sisi kesehatan maupun syariat Islam. Para peserta sosialisasi diberi sertifikat pembinaan tata cara penyembelihan hewan unggas secara syar’i.

“Selama ini ada banyak laporan dari masyarakat, bahwa ayam yang dijual di pasar cara pemotongannya masih belum sempurna. Sehingga kita memberikan pembekalan kepada seluruh pengusaha ayam potong yang sesuai dengan syariat Islam,” kata H. Nizar Irsyad saat membuka sosialisasi.

“Saya ingin seluruh umat Islam, wajib mengkonsumsi makanan yang halal. Karena manusia itu sangat mulia, sehingga harus memakan yang halal, sehat, dan baik. Daging yang kita beli di pasaran merupakan daging yang halal dan sehat sesuai dengan syariat Islam, “ sambung H. Nizar Irsyad.

Sementara itu, Kepala Seksi Pengawasan Kesehatan Hewan pada DPKP Vaiga Mariami yang juga menjadi nara sumber pada kegiatan tersebut mengatakan, kegiatan tersebut salah satu dari program DPKP, khususnya pada bidang kesehatan hewan. Dari segi medis, penyembelihan hewan dengan cara syariat Islam membuat kualitas daging akan lebih segar sehingga bagus untuk dikonsumsi.

“Hewan yang disembelih secara syar’i, akan menghasilkan daging yang sangat bagus. Jauh dari penyakit atau biasa disebut dengan ASUH (aman, sehat, utuh dan halal). Dagingnya juga sangat berkualitas, sehingga bagus untuk dikonsumsi oleh manusia,” kata Vaiga Mariami yang juga dokter hewan itu.

Reporter: Saiful Mustofa

Editor / publisher : zai

Facebook Comments