Lima Warga Samadua Korban Jembatan Gantung

by
WhatsApp Image 2019-10-10 at 12.20.32

ACEH SELATAN, Bratapos.com – Jembatan gantung Penghubung antara Desa (Gampong) Madat & Desa (Gampong) Subarang Kecamatan Samadua Kabupaten Aceh Selatan, putus akibat tali jembatan tersebut sudah berusia puluhan tahun dan diduga tidak pernah dipantau kondisinya oleh instansi terkait.

Dengan kejadian itu, lima warga menjadi korban luka berat dan ringan jembatan ambruk Gampong penghubung jembatan Gampong Madat dan Gampong Subarang saat melintas ketika mengantar anak mereka ke sekolah.

Kejadian itu, terjadi pada pukul 08.00 wib pagi, kamis (10 Oktober 2019) telah putus tali jembantan gantung penghubung antara Gampong Subarang dan gampong Madat hingga jembatan gantung ambruk kedalam sungai dalam kejadian tersebut ada korban yg sedang melintasi dijembatan gantung itu.

Adapun korban jembatan gantung Kecamatan Samadua Kabupaten Aceh Selatan yaitu,

1. Sdri.Nurlela, 60 th, IRT, gp. Subarang kec. Samadua.

2. Sdri.Yani, 29 th, IRT, Gp. Subarang, kec. Samadua

3. Sdri.Hermanita, 33 th, IRT, Gp. Subarang kec. Samadua.

4. Sdr.Fakru, 6th, pelajar, Gp. Subarang

5. Sdr.Tipa, 4 th, pelajar, gp. Subarang

Saksi dalam kejadian

1. Sdr. Akmal, 45 th, Swasta, gp. Madat kec. Samadua.

Kronologis kejadian :

Pada hari dan tanggal tersebut diatas  sekira pukul 08.00 wib Sdri. Yani yang mengendarai sepmor Honda Supra 125 X BL 5506 TI yg berboncengn dengan Sdri. Nurlela  dan sdri. Tipa dari gp. Subarang hendak pergi mengantar anak a sekolah TK gp. Madat dengan melalui jembatan Gantung tersebut dan pada saat waktu bersamaan ada juga  sdri.Hermanita dan Sdr. Fakru yg lagi melintasi jembatan tersebut dengan berjalan kaki dengan tujuan ke gampong Madat juga, pada saat korban  di tengah jembatan tersebut tiba2 tali gantung pengikat jembatan putus dan para korban terjatuh kebawah sungai yg mana   jarak antara jembatan dengan sungai lebih kurang 7 meter, Kemudian saksi sdr. Akmal yg ada di dekat jembatan langsung membantu para korban dan meminta bantuan juga dengan masyarakat setempat untuk membantu korban untuk di bawa ke RSU yulidin awai untuk perawatan.

WhatsApp Image 2019-10-10 at 12.20.33

Luka2 yg dialami korban:

1. Sdri. Nurlela mengalami luka memar di pinggang sebelah kanan.

2. Sdri. Yani mengalami luka memar di pinggang sebelah kiri.

3. Sdri. Hermanita mengalami luka robek di bibir di sebelah bawah, paha kaki sebelah kanan patah,

4. Sdri. Tipa mengalai luka lecet di dagu.

Dari hasil pantauan Media Bratapos.com dilapangan, Jembatan gantung tersebut di buat pada tahun 1988 yg mana usia jembatan lebih kurang 31 th dan kondisi di lokasi jembatan sudah dipasang police line.

WhatsApp Image 2019-10-10 at 12.20.35
Muspida Kabupaten Aceh Selatan dan Muspika Kecamatan Samadua masih dilokasi jembatan gantung yang ambruk itu demikian.

Reporter : Asmar Endi

Editor : Dr

Publisher : Redaksi

Facebook Comments