DESA BISA BERINOVASI MALALUI BURSA INOVASI DESA BERSAMA BUPATI SAMPANG

by
IMG-20191010-WA0073

SAMPANG, BrataPos.com – Pemerintah Sampang memiliki keinginan untuk memajukan desa-desa di seluruh Kabupaten Sampang. Hal itu juga merupakan langkah utama membangun bangsa.

Pemerintah Kabupaten Sampang kemudian meluncurkan program dana desa yang selama hampir lima tahun ini melalui BPMD Kabupaten Sampang dan di kucurkan pada setiap desa yang ada di Kabupaten Sampang.

Guna mengoptimalisasikan pemakaian dana desa, kembali pemerintah Kabupaten Sampang lewat Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi menggulirkan Program Inovasi Desa (PID) (10/10/2019).

Program ini telah dilaksanakan sejak 2017 di bawah naungan Direktorat Jenderal Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (PPMD).

Program ini hadir sebagai upaya untuk mendorong peningkatan kualitas pemanfaatan dana desa Kabupaten Sampang.

Dengan memberikan banyak referensi dan inovasi-inovasi pembangunan desa, diharapkan mampu memetik kreatifitas desa dalam mengoptimalkan berbagai potensi yang dimiliki.

Dalam hal ini H. Slamet Junaidi Bupati Sampang memberikan Aprisiasi dengan di gelarnya “BURSA INOVASI DESA”.

“Dengan ini saya aprisiasi adanya acara ini, sehingga saya mempunyai keinginan dan rencana agar Desa di kabupaten Sampang bisa lebih makmur dan membuat Sampang lebih Hebat dan Bermartabat,” ungkapnya.

H Slamet Junaidi Bupati Sampang juga menghimbau supaya program ini menjadikan setiap Desa harus mempunyai inovasi tersendiri.

“Saya cuman ingin program ini, Desa kan punya inovasi tapi harus punya perencanaan yang matang juga, dan punya target itu yang saya maksud,” tutur H. Slamet Junaidi.

Targetnya apa? Jangan di anggap program ini acara seremuni, dan program ini bisa di amplikasi pada desa desa se-kabupaten Sampang.

“Saya ingin ada satu desa yang mandiri,” tambah H Slamet Junaidi Bupati Sampang.

IMG-20191010-WA0072

Mandiri dari sisi ekonomi dan mandiri dari segala sesuatunya, tentunya harapan kami dengan adanya program ini Desa Desa kita bisa maju, bisa punya inovasi, bisa punya target dan dengan perencanaan yang matang kedepan Sampang bisa jadi Sampang hebat dan martabat.

Di sisi lain Counsultan Pendamping provinsi Jawa timur Miftahul Munir mengungkapkan dalam pidatonya, Bapak ibu sekalian sebagai informasi 2017 Sampai 2019 ini, bahwa pelaksanaan inovasi Desa yang awalnya menjadi isu yang Bapak ibu Kapela Desa sulit untuk memahaminya.

Tapi Alhamdulillah di tahun 2017 dilakukan sosialisasi team inovasi kabupaten.

“Alhamdulliah Kabupaten Sampang sudah melaksanakan Bursa Inovasi Desa, dan di tahun 2019 ini mungkin hasil sudah bisa di lihat oleh Bapak Ibu sekalian,” ungkap Miftahul Munir.

Reporter : fara

Editor/Publisher : jml

Facebook Comments