PEMKAB KAPUAS HULU GANDENG PERUSAHAAN JERMAN, HARGA KARET TEMBUS 14.000/KG

by
IMG-20191009-WA0621

KAPUAS HULU, KALBAR – Bratapos.com -Masyarakat petani karet sudah mulai mendapat angin segar tentang kenaikan harga karet. Salah contoh di Kabupaten Kapuas hulu Kalimantan Barat, sudah mulai meningkatnya harga karet. Karena Pemerintah Kabupaten Kapuas hulu telah bekerjasama dengan perusahaan Jerman untuk memperbaiki harga karet.Sehingga, harga jual karet berangsur angsur membaik.

“Saat ini harga karet sudah mulai naik di beberapa daerah yang sudah bekerjasama dengan perusahaan asal Jerman itu,” kata Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kapuas Hulu, Abdurrasyid, rabu (9/10/2019).

Rasyid menjelaskan, saat ini harga karet sudah ada yang mencapai Rp14.000/kilogram, dan tentunya perusahaan dari Jerman juga akan melihat kwalitas karetnya baru harga bisa distandarkan. Kenaikan harga karet tersebut tidak konstan, tapi fluktuatif. Karena tergantung kualitas karetnya.
“Untuk saat ini harga Karet ada yang berani membeli dengan harga Rp12.000, sampai Rp13.000 dan bahkan Rp14.000 per kilogramnya,” jelas Rasyid.

Menurut Rasyid, perusahaan Jerman tersebut dibawa GIZ Forclime. Dimana untuk saat ini belum semua petani karet bekerjasama dengan pihak perusahaan Jerman tersebut. Tapi paling tidak pihak perusahaan sudah mulai meningkat hasil petani karet dengan cara membeli karet dengan harga mahal, sehingga nanti hasil pendapatan masyarakat akan meningkat.

“Meskipun belum semua petani yang mau bekerja sama dengan perusahaan tersebut,” pungkas Rasyid.

Reporter : (Alex)

Editor / publisher : dr

Facebook Comments