by

Kadis Pertanian Tapsel Buka Acara Penyuluhan Di Desa Garonggang Angkola Timur

TAPSEL , Bratapos.com – Bupati Tapanuli Selatan (Tapsel) yang diwakili Kadis Pertanian Tapsel Bismark Maratua Siregar, membuka acara pendidikan dan pelatihan fungsional ahli kelompok penyuluhan pertanian, bertempat di LMC Garonggang, Desa Marisi, Angkola Timur, Kamis (3/10/2019).

Dikatakan Bismark, dalam menjalankan penyuluhan haruslah dianggap sebagai ibadah. Dengan demikian, semua akan berjalan sesuai rencana.

Ia pun berharap semua materi yang disampaikan para narasumber diaplikasikan di lapangan. Jangan memandang kegiatan pelatihan ini sebagai ajang seremonial belaka.

“Serap apa yang dipaparkan pemateri. Sehingga, anda-anda sekalian nantinya benar-benar bisa menjadi penyuluh yang tangguh dan mampu meyakinkan orang lain ketika menjalankan tugas pokok dan fungsi (tupoksi) di lapangan,” pesannya kepada peserta pendidikan dan pelatihan.

Kadis Pertanian mengatakan, kegiatan peningkatan kompetensi penyuluh ini terlaksana berkat perhatian bupati, demi mewujudkan masyarakat Tapsel yang sehat, cerdas dan sejahtera. Kedepan, kegiatan ini harus memotivasi para penyuluh, dalam hal memahami tupoksi guna mensejahterakan rakyat.

Sebelumnya, ketua panitia kegiatan Faisal Simamora dalam laporannya menerangkan, kegiatan ini didasari sebagai salah satu upaya mendasar untuk meningkatkan kompetensi para penyuluh, sesuai jenis dan kelompok masing-masing dan dengan tujuannya.

“Kedepan, diharapkan semua penyuluh memiliki kenerja, keterampilan, keahlian dan manejerial yang handal. Sehingga mampu meningkatkan kedisiplinan diri, sebagai akses informasi yang baik bagi masyarakat,” katanya seraya menyebut pelatihan ditujukan untuk penyuluhan terampil yang memiliki latar belakang pendidikan minimal S1.

Untuk diketahui, rencananya pelatihan akan digelar selama dua pekan lamanya, mulai 3 hingga 16 Oktober 2019. Acara ini terselenggara atas kerjasama Dinas Pertanian Tapsel, BPSDMP Kementerian Pertanian RI, Balai Pelatihan Pertanian Jambi, serta Politeknik Pembangunan Pertanian Medan.

Reporter.Iwansumadi

Editor / publisher : zai

REKOMENDASI UNTUK ANDA