DESA SINAR PEKAYAU SEHAT DENGAN KETERSEDIAAN AIR BERSIH YANG MEMADAI DENGAN SISTEM PIPANISASI

by
IMG-20190914-WA0009

Kalbar Sintang , Bratapos.com – Kesehatan lingkungan di wilayah Desa Sinar pekayau terbilang cukup baik untuk saat ini, pola hidup masyarakat yang disiplin seperti pengelolaan sampah rumah tangga dengan baik, masyarakat membuang sampah pada tempat yang sudah disediakan, dan sampai saat ini masyarakat setempat tidak lagi melakukan buanga air besar sembarangan, karena setiap kepala keluarga sudah memiliki WC masing masing dirumah sendiri, demikian disampaikan Menadus, Kepala Desa Sinar pekayau saat ditemui media Brata pos jumat (13/9/2019) dirumahnya.

Menadus menambahkan, untuk menjaga kebersihan lingkungan itu, dimulai dari perhatiannya terhadap kebersihan di tataran rumah masing-masing, dan yg paling penting adalah ditunjangnya air bersih yg cukup. Sebab yang sering menjadi masalah dalam menciptakan lingkungan sehat itu adalah susahnya mendapatkan pasokan air bersih terutama untuk kegiatan sehari hari seperti MCK (mandi cuci kakus), tambah menadus.

Mengingat letak geografis Desa Sinar pekayau yang sebagian besar berada di dataran tinggi, hal itu menjadi salah satu masalah yang darurat, apalagi disaat tibanya musim kemarau, sangat sulit utk mendapatkan air bersih. Waktu sebelumnya air yang di konsumsi diwilayah Desa Sinar pekayau bersumber air sungai.

Permasalahan ini menjadi pemikiran kritis untuk seluruh warga, sehingga pada tahun 2007 pemerintah desa mengadakan musyawarah besar untuk mencari solusi atas permasalahan tersebut. dari beberapa solusi yg di ajukan, waktu itu salah satu anggota DPRD Kabupaten Sintang Dapil Tempunak Sepauk yaitu : Romeo yang sangat tertarik pada satu usulan yaitu pembangunan pipanisasi, dianggarkan melalui dana aspirasi, jelas Menadus.

Pembangunan pipanisasi itu mengambil dari sumber mata air namanya sungai pongga yang sangat bersih dan jernih dari pegunungan, pada saat itu bangunan pipanisasi dianggar dua tahap. tahap pertama 1.700 meter dan tahap kedua 3.500 meter panjangnya. lalu dialirkan lewat pipa berukuran besar, dan disalurkan ke rumah rumah warga dengan pipa berukuran kecil.

Pembangunan tersebut memanfaatkan dana aspirasi Pak Romeo nerupskan Salah satu Anggota DPRD Kabupaten Sintang dan dibantu dengan swadaya masyarakat yg maksimal.

“Proses pembangunan tersebut berlangsung selama 1 bulan, dan sampai saat ini dari 358 KK warga Desa Sinar pekayau sudah menikmati air bersih tersebut. sehingga saat ini lingkungan Desa Sinar pekayau sudah bisa dikatakan lingkungan Desa yang sehat dan bersih, dan rencana Pemerintah Daerah Kabupaten Sintang, Desa Sinar pekayau skan dijadikan Desa ODF,” terang Menadus.

Reporter : Alex

Editor / Publisher : zai

Facebook Comments