Diduga Kelelahan, Nelayan Mimbo Banyuputih Tewas Saat Tebar Jaring

by
PicsArt_08-24-08.00.25

SITUBONDO, BrataPos.om – Kecelakaan kerja kembali terjadi. Kali ini menimpa Junaidi, (29) warga Dusun Mimbo RT.22 RW.02, Desa Sumberanyar, Kecamatan Banyuputih, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, Sabtu (24/8/2019).

Junaidi yang berprofesi sebagai nelayan menjadi korban tenggelam, saat dirinya berenang menarik jaring ke tengah laut. Kronologis kejadian, awalnya sekitar pukul 06.00 WIB. Junaidi bersama 13 orang nelayan lainnya pergi melaut menggunakan perahu grandong ‘Kota Baru’ milik Nursalam, (45) dari perairan Mimbo.

Sekira pukul 07.00 WIB, rombongan nelayan itu tiba ditempat tujuan Perairan Tawar, Ketapang, Sumberwaru, Banyuputih. Perahu dipasang jangkar untuk menebar jaring penangkap ikan.

Junaidi kebagian mencebur ke laut untuk menarik ujung jaring ikan. Kemudian sekitar pukul 07.30 WIB, Junaidi kembali berenang menuju perahu. Namun naas, belum sampai ke perahu sekitar 3 meter, Junaidi terlihat tak mampu berenang lagi. Perlahan tubuhnya mulai tenggelam.

Melihat temannya tenggelam, salah satu nelayan bernama Wadi langsung melompat ke laut untuk menolong Junaidi. Namun Wadi gagal menolong, hingga akhirnya tubuh Junaidi benar-benar tenggelam hingga kira-kira kedalaman 20 meter.

Kemudian sekitar pukul 09.30 WIB, Junaidi baru ditemukan di dasar laut dengan cara dicari ke dasar laut oleh Imam, penyelam tradisional pencari ikan hias. Namun Junaidi sudah dalam kondisi tak bernyawa.

Korban Junaidi kemudian dievakuasi ke atas perahu dan selanjutnya dibawa ke rumah duka. Atas peristiwa tersebut, pihak keluarga tidak akan menuntut siapapun. Karena berdasarkan hasil tes kesehatan tidak ditemukan tanda-tanda kekerasan.

“Yang jelas pemilik perahu Pak Nur bersedia membantu keluarga untuk pelaksanaan tahlilan sampai hari ke 7 meninggalnya korban,” ucap salah satu keluarga korban.

PicsArt_08-24-08.01.40

Kapolsek Banyuputih AKP Didik Rudianto membenarkan terjadinya peristiwa tenggelamnya seorang nelayan bernama Junaidi hingga meninggal dunia. Ia menjelaskan berdasarkan dari pengakuan para saksi, korban tidak mampu mencapai perahu setelah menarik ujung jaring ikan ke tengah laut.

“Korban tidak sampai ke perahu setelah menarik ujung jaring. Dugaan sementara korban kelelahan,” ujarnya.

Reporter : Dayat
Editor/Publisher : jml

Facebook Comments