DESAKAN PEMBANGUNAN JALAN TOL MEDAN – TANAH KARO BERSIFAT WAJIB

by
IMG-20190819-WA0019

Penulis : Handrianto

Untuk percepatan proses pembangunan di kabupaten karo dan kabupaten sekitarnya sudah saatnya pembangunan JALAN TOL MEDAN-TANAH KARO diwujudkan, karena kabupaten karo adalah salah satu dari tiga akses gerbang keluar dari kota medan, sedangkan akses yang dua lagi ialah keluar dari kabupaten deli serdang dan kabupaten langkat, kedua akses keluar ini sudah dibangun jalan tolnya, sehingga kemacetan di kedua gerbang keluar ini sudah terurai, yang masih menimbulkan kemacetan panjang adalah di gerbang keluar arah berastagi.

pembangunan jalan tol ini sudah termasuk kebutuhan vital dan sangat mendesak saat ini, hal tersebut dapat dilihat dari tiga aspek kajian yang mendasar, yaitu kajian akademik, kajian ekonomi dan kajian sosial.

Juga mengingat situasi alam letusan gunung sinabung yang sampai saat ini masih mengancam masyarakat karo, sehingga tidak ada lagi alasan bagi pemerintah untuk menunda-nunda pembangunan jalan tol Medan – Karo.

IMG-20190819-WA0036

Senada dengan itu salah seorang tokoh muda karo Astra Putra Surbakti, SH yang berprofesi sebagai Advokat/ Pengacara di Jakarta, menyampaikan bahwa dengan dibangunnya jalan tol medan-berastagi akan memberikan dampak yang sangat positif kepada peningkatan ekonomi masyarakat setempat dan masyarakat sekitarnya dan sistem perekonomian akan cepat bangkit.

Kabupaten karo dan sejumlah kabupaten sekitarnya adalah sebagai pemasok sejumlah kebutuhan pokok bagi masyarakat kota medan, terutama sayuran dan buah buahan. Sesuai dengan letak geografis kabupaten karo di daerah pegunungan, maka kabupaten karo salah satu daerah penyanggah kebutuhan pokok bagi masyarakat kota medan.

Keluhan masyarakat selama ini untuk mengangkut hasil kebun berupa sayuran dan buah-buahan ialah akses jalan yang sering macet dan gangguan longsor mengakibatkan hasil kebun mereka tertahan di jalan bahkan sering sampai membusuk tidak layak jual sehingga mereka merugi. Ini juga berdampak kepada pasokan barang-barang kebutuhan pokok masyarakat kabupaten karo dan sekitarnya yang bersumber dari kota medan menjadi terganggu.

belum dibukanya jalan tol medan-karo maka masyarakat di kabupaten karo dan sekitarnya belum menikmati pemerataan pembangunan, sehingga yang terjadi saat ini dari sejak dulu adalah kemacetan yang luar biasa apalagi setiap akhir pekan, mulai dari gerbang keluar padang bulan, pancur batu sampai berastagi, dengan kondisi ini para pengunjung sering mengurungkan niat dan berbalik arah kembali ke medan.

Terkait dengan kebutuhan dan aspirasi masyarakat tersebut sehingga Astra Surbakti mendesak pemerintah pusat Presiden Joko Widodo untuk disegerakan membangun jalan tol Medan-Tanah Karo dan juga pemerintah provinsi Sumut Gubernur Sumut Edy Rahmayadi serta dinas terkait DPRD provinsi sumatera utara diharapkan proaktif untuk memperjuangkan pembangunan ruas tol medan berastagi supaya cepat direalisasikan.

Editing/publish : Wit

Facebook Comments