Zainudin Kasun Dusun Ngasinan sukses rukunkan warga dengan sedekah Bumi

by
IMG-20190818-WA0339

Gresik , Bratapos.com – Dikatakan karnaval juga bisa, akan tetapi kegiatan kali ini sebenarnya merupakan acara ruwatan ndeso (sedekah bumi) dusun Ngasinan desa Kepatihan keçamatan Menganti kabupaten Gresik, karena momentnya saja yang bersamaan dengan acara 17an/(HUT RI ke-74 tahun) dan dipenanggalan jawa yaitu bulan 16 Dzulhijjah 1440 H (orang jawa mengatakan bulan besar).

Berbagai pertunjukan yang dilakukan oleh warga dusun Ngasinan (ogoh-ogoh, Tumpeng raksasa dan lain sebagainya) juga sangat-lah bervariasi dan lebih hebohnya lagi seluruh warga dusun Ngasinan kompak mengikuti ritual sedekah bumi, dimana ogoh-ogoh dan tumpeng raksasa yang sudah dipersiapkan sebelumnya, kini diusung/di arak dengan berjalan kaki mulai tempat acara berjalan hampir kurang lebih 1 km menuju balai desa dan kembali lagi ke tempat acara semula.

IMG-20190818-WA0355

Sabtu (17/8) malam, warga melakukan acara pengajian dan kirim do”a kepada leluhur-leluhurnya.Dan dipuncak acara sedekah bumi kali ini yakni pagelaran wayang kulit semalam suntuk dengan lakon Wisanggeni lahir , dimana lokon tersebut pas dengan era-17 an ini sebab ditema 17 agustus 2019 ini secara nasìonal moment HUT RI ke-74 tahun menganggkat tema”Indonesia unggul dan maju”. (18/8)minggu

Dengan lakon lahirnya pangeran Wisanggeni ini berarti era anak mudah yang perkasa untuk bangkit dan unggul membangun negeri.

Wisanggeni sendiri merupakan putra dari Pangeran Arjuna yang tampan dan gagah perkasa juga pemberani.

“Mensyukuri segala nikmat & karunia yang diberikan oleh Allah swt kepada masyarakat kita, itulah tujuan acara sedekah bumi didusun Ngasinan ini.”Ujar Zainudin selaku Kasun (kepala dusun).

Lebih lanjut menyampaikan “Kita sebagai mewaris leluhur oleh kita senantiasa menjaga dan melestarikan budaya yang ada terutama didusan Ngasinan ini.

“Sengaja tema ruwatan kira usung lakon pewayangan seperri “wisang geni”, diharapkan generaai-generasi didusun Ngasinan kedepan lebih unggul dan maju dalam membangun dusun Ngasinan lebih baik dari sekarang.”Kata Zainudin selaku kepala dusun Ngasinan desa Kepatihan kecamatan Menganti kabupaten Gresik.

Reporter : Team

Editor / Publisher : dr

Facebook Comments