Keberadaan Gedung Baru BPN, Diharapkan Pelayanan Lebih Dioptimalkan

by
PicsArt_08-15-06.42.27

SIDOARJO, BrataPos.com – Kantor BPN (badan pertanahan nasional) Kabupaten Sidoarjo resmi menempati kantor baru.

Dengan didampingi Bupati Sidoarjo H. Siful Ilah, SH, M.Hum. Sekjen Kmentrian Agragia dan Tata Ruang BPN Himawan Arif Sugoto meresmikan gedung baru BPN Kabupaten Sidoarjo.

Bupati H. Saiful Ilah, SH., M.Hum menyampaikan penyerahan sertifikat Persiapan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) Tahun Anggaran 2019 dan peresmian gedung baru kantor BPN Kabupaten Sidoarjo ini merupakan salah satu wujud nyata keseriusan pemerintah.

Untuk itu, terus meningkatkan kualitas pelayanan prima kepada masyarakat di Jawa Timur pada umumnya dan Kabupaten Sidoarjo pada khususnya, dengan melakukan berbagai inovasi yang cerdas sesuai dengan tuntutan pelayanan. Saat ini guna mewujudkan Kabupaten Sidoarjo yang inovatif sejahtera mandiri dan berkelanjutan.

Untuk itu saya berharap agar BPN dapat terus menciptakan berbagai inovasi dalam hal pelayanan yang sangat dibutuhkan dan dirasakan manfaatnya oleh masyarakat Sidoarjo.

“Sehingga keberadaan peran dan fungsi dari BPN ini, tetap mengakar kuat dalam kehidupan masyarakat Sidoarjo dalam mempercepat pembangunan ke arah yang lebih baik,” kata Bupati.

Badan Pertanahan Nasional yang telah bekerja sama di dalam upaya membantu masyarakat di Kabupaten Sidoarjo. Dalam rangka sertifikasi tanah ini.

Untuk itu ke depan dengan adanya program PTSL ini, mampu menciptakan situasi yang kondusif di lingkungan masyarakat Kabupaten Sidoarjo. Ini guna meningkatkan ketertiban khususnya di bidang administrasi pertanahan.

Seperti dikatakan Kepala Kanwil BPN provinsi Jawa Timur Heri Santoso bahwa di Jawa Timur jumlah bidang tanah yang ada lebih kurang 19 Juta bidang tanah. Dan yang sudah disertifikatkan lebih kurang 9 Juta bidang tanah.

Sedangkan di Sidoarjo 781 ribu bidang tanah dan yang sudah bersertifikat sejumlah 575 bidang tanah. Artinya tinggal 605 bidang lagi dan ditargetkan 4 tahun lagi seluruh bidang tanah yang ada di Kabupaten Sidoarjo wajib terdaftar dengan catatan rata-rata pencatatan melalui PTSL 50.000 tiap tahunnya.

Sampai pada saat ini, sudah terbit sertifikat 30.000 lebih. Yang artinya pada akhir Agustus ini seluruh bidang tanah target PTSL di tahun 2019 di Kabupaten Sidoarjo sudah selesai.

pembangunan gedung BPN merupakan dana hibah dari Pemerintah Kabupaten Sidoarjo sebesar kurang lebih 5 Milyar rupiah, diatas tanah 1500m dan sudah mulai diperasionalkan hari ini.

“Sedangkan kantor yang lama dihibahkan kepada Pemerintah Kabupaten Sidoarjo untuk bisa digunakan lebih bermanfaat lagi dan mudah-mudahhan dengan ada nya kantor ini memberikan manfaat yang lebih baik kepada masyarakat”. Tambahnya

Seperti diketahui bahwa pelayanan di Sidoarjo mencapai 15 ribu perbulan secara rutin, belum lagi dari target PTSL.

Sekjen Kementrian Agragia dan Tata Ruang BPN Himawan Arif Sugoto mengatakan, dengan dilaksanakan peresmian gedung baru kantor BPN ini, diharapkan mampu menjadi momentum untuk memantapkan semangat baru bagi jajaran Badan Pertanahan Nasional BPN.

“Tingkatkan kinerjanya, agar dapat memberikan pelayanan yang Prima Kepada seluruh masyarakat Sidoarjo pada khususnya dan Jawa Timur pada umumnya,” harapnya.

“Dan sekarang ada dirjen baru yang akan memudahkan pelayanan kedepan dengan memberikan pelayanan berbasis online,” sambung dia.

Hal ini yang akan kita dorong agar pelayanan kepada masyarakat lebih baik lagi. Disamping dukungan dari pemerintah yang cukup baik dengan support yang diberikan masyarakat juga harus bekerjasama dengan baik dengan memberikan informasi seperti batas tanah dan informasi lain yang diperlukan.

Reporter : yu/kominfo
Editor/Publisher : jml

Facebook Comments