Sambut HUT RI Ke-74, Kampung Kahuripan Dalem Gelar Gapura Cinta

by
IMG-20190813-WA0087

TULANG BAWANG, BrataPos.com – Menyambut HUT RI ke-74. Kampung Kahuripan Dalem, Kecamatan Menggala Timur, Kabupaten Tulangbawang menggelar lomba festival gapura cinta negeri, Senin (12/8/19).

Dalam perayaan tersebut, antusias masyarakat setempat pun menjadi aktor utama. Sehingga dapat berjalan dengan menyukseskan lomba tersebut.

Terbukti dari berbagai upaya yang dilakukan dari memasang patok, membuat pagar di depan rumah, pemasangan umbul-umbul dan pembuatan gapura yang terletak di masing-masing dusun kampung setempat.

Kepala Kampung Kahuripan Dalem, Roswati mengatakan, perlombaan kreatif gapura antar dusun ini tak lain sebagai wujud kecintaan terhadap NKRI dan sekaligus sebagai sarana untuk mempererat tali persaudaan antar masyarakat setempat.

Mengingat di kampung Kahuripan Dalem terdiri dari berbagai suku diantaranya suku Lampung, Bali dan Jawa.

“Dari semua peserta lomba, nanti akan ada yang memperoleh juara 1, 2, dan 3. Yang mana penilaiannya bukan hanya di berikan oleh aparatur kampung setempat, melainkan melibatkan deretan kepala kampung di kecamatan Menggala Timur, juga dari unsur kecamatan ikut menilai hasil karya masyarakat,” ucap Roswati.

Selain keratif, lanjut Roswati untuk pemenang lomba nantinya juga akan dinilai dari segi kebersihan, kerapihan dalam pemasangan gapura.

“Perlombaan seperti ini, sudah dua tahun berjalan. Alhamdulillah peringatan HUT RI di kampung kami begitu meriah dan dengan semangat gotong royong. Persatuan kami begitu lekat dengan melibatkan seluruh lapisan masyarakat dan seluruh aparatur kampung,” imbuhnya.

Sementara Kepala Dusun 03 Bali Indah Kampung setempat, Warti mengatakan peringatan HUT RI yang meriah dan penuh makna di isi dengan berbagai perlombaan diantaranya, bola voly, sepak bola, tenis meja, balap karung, tarik tambak, dan berbagai perlombaan untuk tingkat anak.

“Keseruan perlombaan juga di isi dengan perlombaan makan kerupuk, membawa belut, balap kelereng, dan rencananya nanti di puncak acara HUT RI di kampung ini akan diselenggarakan pertunjukan layar tancap, kuda lumping dan tari daerah dari para remaja setempat, semoga ini semua dapat berjalan dengan lancar,” tutupnya.

Reporter : budi man
Editor/Publisher : jml

Facebook Comments