Membangun Mental Anak Berani Qurban

by
IMG-20190813-WA0063

SURABAYA, BrataPos.com – Pendidikan berkorban diberbagai lembaga pendidikan saat ini, sudah semakin banyak dilakukan. Selain sebagai sarana pendidikan bagi para siswa. Kegiatan ini, juga dapat memupuk rasa persaudaraan untuk saling berbagi.

Penanganan dan antisipasi yang tepat dari sekolah, saat melakukan pemotongan hewan kurban di lingkungan sekolah, juga sangat diperlukan. Agar tidak berpotensi menimbulkan berbagai jenis penyakit.

Selain itu, juga yang tak kalah penting adalah memberikan edukasi kepada siswa seperti yang selalu dilakukan oleh MA (SMA ISLAM) Hasyim Asy’ari, yang beralamat di Jalan Balongsari Tama, Tandes Surabaya, dan dalam naungan Yayasan Pendidikan dan Sosial Al-Khairot Surabaya. Selasa (13/08/2019).

Dalam hal ini Kepala Sekolah MA (SMA ISLAM) Hasyim Asy’ari Moh. Junaidi, S. Ag., M. Pd. I. mengatakan, Qurban adalah sebagai salah satu syariat sekaligus syiar Islam yang harus ditanamkan, sekaligus disyiarkan kepada para siswa, agar punya mental berani berqurban, katanya.

IMG-20190813-WA0064

Selain itu, memberikan edukasi ‘biqodri ‘uqulihim, yaitu mendidik sesuai dengan kadar akal mereka, baik dalam transaksi jual beli hewan ternak, lobi qurban ke orang tua, menyiapkan pakan pemeliharaan.

“Terlibat langsung secara aktif dalam penyembelihan, pemotongan dan pendistribusian daging ke anak-anak Yatim-Dhuafa, pejuang pendidikan dan warga sekitar,” tambahnya.

Hal inilah yang menjadi titik tekan dalam mendidik para siswa, agar memiliki mental berani berqurban sejak prosesi. Awal rekrutmen peserta pequrban sampai pendistribusiannya.

“Kami berharapan, semoga ini menjadi semangat awal dalam melatih tanggung jawab sosial-spiritual yang semakin mendekatkan dirinya kepada Sang Makaryo Jagat, Allah SWT. Aamiin,” paparnya.

Reporter : bnd
Editor/Publisher : jml

Facebook Comments