HUT Ke-38, Kokkang Gelar Pameran Kartun Nasional

by
IMG-20190810-WA0100

Kab.Kendal,Bratapos.com-Di usianya yang ke 38 tahun, bertajuk “Merajut Indonesia” Komunitas Kartun Kaliwungu (Kokkang) Kabupaten Kendal Jawa Tengah, menggelar Pameran Kartun Nasional tahun 2019, Sabtu (10/08/2019), di Tirto Arum baru.

Pameran akan digelar selama 3 hari dari tanggal 10-12 Agustus 2019 dan akan dilanjutkan di pendopo Kecamatan Kaliwungu dari tanggal 13-25 Agustus 2019.

Pameran dibuka secara resmi oleh Dwiyanto S.pd mewakili Bupati Kendal yang berhalangan hadir.

Kegiatan ini, memamerkan karya para kartunis dan kartunista dari berbagai media seperti Suara Merdeka, Warta Kota, Info Bank, Koran Sindo, Jawa Pos, Media Indonesia dan Tabloid Bola serta banyak media lainnya.

IMG-20190810-WA0099

Hadir dalam acara tersebut dari Forkompimda Kabupaten Kendal, Kapolsekta Kendal Iptu Bayu K, Camat Patebon Mugiono, Danramil Patebon Kapt. Sujatmiko dan tamu undangan lainnya.

Pameran tersebut juga dihadiri oleh Deputi Komunikasi Politik kantor staf kepresidenan RI Drs. Eko Sulistyo.

Pada kesempatan tersebut, Sulistyo mengatakan bahwa dunia kartun dan karikatur merupakan dunia yang unik karena ada sentuhan seni serta dimensi kritik sosialnya.

Di tengah situasi dan kondisi sosial politik yang penuh dengan ujaran kebencian, hoax, dan lain-lain, diharapkan dunia kartun dan karikatur dapat mengisi ruang kosong yang ada serta mampu mewarnai serta merajut kembali perbedaan-perbedaan yang terjadi di masyarakat berupa kritik dengan senyuman.

Sulistyo juga memberikan sebuah gambaran dimana kondisi masyarakat yang buta huruf maka kartun atau karikatur akan mampu dipahami dengan mudah.

” Untuk menggambarkan suatu keadaan yang kompleks, dengan imajinasi dan kepekaan sosialnya, seorang kartunis akan mampu menerjemahkannya dalam sebuah karya kartun, yang mudah untuk dicerna tanpa melalui suatu analisa yang rumit “, katanya.

Reporter : (Nardi cak wer/ Adp)

Editing/publish : Wit

 

Facebook Comments