by

Sosialisasi Penyelenggaraan Pendidikan Anak Di Buka Wabub

TAPSEL, Bratapos.com – Wakil Bupati (Wabup) Tapsel H Aswin Efendi Siregar membuka sosialisasi penyelenggaraan pendidikan keluarga, di aula Serasi II, kantor Bupati, Selasa (6/8/2019).

Dikatakan Aswin, lingkungan keluarga memiliki peranan besar atau mendominasi dalam hal kemajuan seornag anak. Oleh karena itu, Aswin mengajak orang tua untuk mengawasi dan mendorong anaknya untuk menjadi sosok generasi yang maju dan lebih baik lagi.

Aswin juga mengimbau para guru sekolah, untuk bersinergi dan berkolaborasi dengan orang tua siswa dalam mendidik anak-anak. “Guru dan orang tua siswa harus bersinergi dan bekerjasama dalam mendidik, baik di lingkungan sekolah dan rumah tempat tinggal,” ujarnya.

Sementara itu, Direktur Pendidikan Keluarga Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, Dr Sukiman,M.Pd menjelaskan ada lima ancaman yang akan merusak generasi bangsa akibat pergaulan.

Ancaman yang dihadapi orang tua atau guru saat ini yaitu kekerasan, narkoba, pornografi, tindakan amoral dan radikalisme.

“Sesibuk apapun orangtua, luangkan waktu untuk mengkontrol anak agar tidak keluar dari jalurnya,” katanya.

Keterlibatan keluarga merupakan proses atau cara keluarga berperan dalam penyelenggaraan pendidikan untuk mencapai tujuan pendidikan nasional. Keterlibatan keluarga dalam pendidikan salah satunya dapat meningkatkan kehadiran anak, sikap dan perilaku positif anak serta meningkatkan keiginan anak untuk bersekolah.

Sosialisasi diikuti 225 orang peserta yang terdiri dari Kepala Sekolah Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Pendidikan Non Formal (PNF) yaitu Pusat  Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM), Forkala, Dewan Kesenian, Komite Sekolah dan Pengawas Sekolah.

Repoter               : Iwansumadi.

Editor                  : Dr

Publisher            : Redaksi

REKOMENDASI UNTUK ANDA