by

LPK KPK Dan JKMA Menolak Putusan Pemakzulan Bupati Simeulue

Kab. Simeuleu,bratapos.com-Komisi Cabang Lembaga Pengawasan Kebijakan Pemerintah dan Keadilan Kabupaten Simeulue (Komcab LP-KPK Simeulue) dan Jaringan Komunikasi Masyarakat Aceh (JKMA) bersama tokoh-tokoh masyarakat Kab Simeulue serta dari kalangan para Akademisi dan Aktifis, menanggapi hal ini dengan sangat serius dan mendatangi kantor DPRK Simeulue untuk membahas prihal ini bersama dengan para Anggota Dewan diruangan yang disediakan, dalam pertemuan yang telah dijadwalkan sebelumnya oleh kedua belah pihak terjadi perdebatan  yang sangat alot untuk mencari solusi terbaik agar tidak memperpanjang polemik dari dampak putusan paripurna DPRK tersebut, Akan tetapi hasilnya sia-sia pihak DPRK Simeulue tetap melaksanakan putusannya.

Kedatangan kedua Lembaga yang berbadan hukum (LP-KPK dan JKMA) bersama para tokoh-tokoh masyarakat Simeulue ke kantor DPRK, pada intinya menolak putusan pemakzulan Bupati Simeulue ERLY HASYIM.SH,S.Ag,M.i.Kom yang segera dikirim oleh DPRK Simeulue kepada Mahkamah Agung (MA) untuk  diproses lanjut ditingkat nasional.

Pernyataan sikap tegas penolakan putusan paripurna DPRK Simeulue dari kedua Lembaga tersebut didepan para wartawan yang meliput sejak dari awal bergulirnya persoalan video Bupati Simeulue di tangani DPRK Simeulue, dalam konfrensi PERS nya, LP-KPK dan JKMA serta para perwakilan masyarakat yang hadir ; Secara tegas dan lugas menolak putusan DPRK Simeulue yang memakzulkan Erly Hasyim sebagai Bupati Simeulue saat ini, bahwa putusan tersebut keliruh dan tidak tepat dilakukan sebab akan menimbulkan masalah lebih besar dan berkepanjangan ditengah masyarakat simeulue kedepannya.

LP-KPK & JKMA :
Jika sudah tepat waktunya, akan kami sampaikan secara detail alasan penolakan kami atas putusan rapat paripurna DPRK Simeulue yang merekomendasikan pemakzulan Bupati Simeulue, yang pasti hal ini akan berdampak buruk dan berbuntut panjang kedepannya, kita lihat saja beberapa hari kedepan apa yang terjadi di Simeulue. Tidak hanya satu kali Kami sudah melakukan diplomasi dan mediasi dengan pihak DPRK Simeulue namun tidak ditanggapi dengan baik bahkan kami bersama rekan-rekan dari JKMA dan tokoh-tokoh masyarakat Kab.Simeulue yang hadir ke kantor DPRK Simeulue, dipandang dan dianggap sebahagian dari para anggota dewan sebagai lawan. Padahal niat kami baik untuk membantu penyelesaian kasus ini agar tidak melebar kemana-mana, kami hadir ditengah persoalan sesuai Tupoksi LP-KPK dibidang pengawasan dan bidang hukum tidak ada muatan politik atau hal lain, posisi kami netral duduk ditengah tanpa ada keterpihakan, akan tetapi kami dijadikan lawan bukan kawan sebagaimana Lembaga yang diakui dan disahkan legalitas hukumnya oleh negara. Iya apa boleh buat kita selesaikan persoalan ini dengan cara kita masing-masing. Kami tidak main-main dan tanggung-tanggung dalam mengambil sikap dan tindakan dalam mengungkap Fakta kebenaran dibalik semua ini……..??

Penulis : Eko Susanto

Editing/publish : Wit

REKOMENDASI UNTUK ANDA