KONEKSI INTERNET TERCEPAT UNTUK GAME ONLINE

by
image1

Video Game pada awalnya diciptakan untuk mengisi waktu luang dan menghilangkan rasa bosan, namun seiring berjalanya waktu teknologi semakin berkembang sangat  cepat. game online sangat booming dari waktu ke waktu hingga saat ini.

Indonesia sendiri sedikit telat dalam menikmati teknologi, ketika teknologi sudah menyebar di Indonesia banyak diantaranya digunakan untuk bersenang-senang daripada menggali informasi.

Seperti pada awalnya WARNET atau warung internet yang mana mereka diciptakan untuk memberikan layanan kepada masyarakat untuk memperoleh informasi kepada mereka yang tidak memiliki teknologi seperti kalangan rakyat menengah kebawah yang kurang mengerti tentang teknologi pada masa itu, seiring berjalanya waktu warnet biasa mulai hilang dikarenakan sepi peminat, mereka sepi peminat karena untuk mengakses informasi para pengguna warnet sudah mempunyai smartphone dalam mengakses.

Warnet khusus untuk mengakses informasi mati secara perlahan, namun untuk warnet khusus game online bisnis mereka berkembang sangat besar.

Sebelum masuknya teknologi para anak-anak hingga para remaja bermain permainan tradisional, dan bertepatan dengan kemajuan teknologi yang masuk ke Indonesia yang menarik perhatian para anak-anak dan para remaja tersebut dalam ketertarikanya untuk menggunakan teknologi, dan mereka mulai perlahan meninggalkan permainan tradisional dan mulai bermain game bersama-sama.

 Dilansir dari techno okezone “Dari 142 juta pengguna akses internet, data kami menunjukkan sekitar 30 juta anak milenial aktif bermain game setiap harinya,” kata Ferdinandus Setu kepada humas kominfo

Dari lansiran wartaekonomi, Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII)  hampir 46% pengguna aktif penduduk Indonesia menggunakan internet untuk bermain game online yang mana game yang dimainkan berbasis PC maupun android.

Untuk kecepatan koneksi internet dari web game STEAM khusus digunakan untuk bermain game yang mana provider paling cepat yaitu My Republic ID 38,6 Mbps dan yang paling rendah yaitu PT Telkom Indonesia 6,5 Mbps, menurut para gamer koneksi tersebut sudah sangat cukup untuk bermain game dengan lancar.

Perkembangan game sendiri dapat dibilang naik turun untuk pengguna aktifnya, yang mana seperti game PC atau biasa disebut game berbasis computer mempunyai pengguna yang sangat banyak dalam bermain game, semakin jauh teknologi ponsel semakin maju diciptakan game yang khususdigunakan pada ponsel, pada saat itu banyak pemain game yang berasal dari PC berpindah menggunakan ponsel berbasis android yang sudah maju pada saat ini, tidak main-main pengguna game PC langsung anjlok banyak yang tidak aktif dan game androind sangat digandrungi karena efisien dan dapat dimainkan dimana saja.

Banyak game yang pada awalnya mempunyai player yang sangat banyak dan menjadi game popular semakin hari semakin menurun jumlah pemainnya, itu sudah menjadi siklus didalam game dimana game popular akan sepi peminat dikemudian hari.

Seperti game PC yang berpindah ke game android karena mudah dimainkan dan dapat dimainkan dimana saja, game androind juga demikian seperti game COC yang pada awalnya dapat menggaet pemain hingga ratusan juta pemain mendadak anjlok ketika hadir game baru yang bernama mobile legend, AOV, dll.

Banyak game lama yang senasib dengan game COC tersebut. Factor kenapa banyak game yang sepi peminat dikarenakan para pemain game gampang bosan dengan game lama mereka dan ingin mencoba game baru, bertambahnya usia juga mempengaruhi orang untuk bermain game sehingga mereka lebih focus ke hidup mereka daripada bermain game.

Fungsi game yang awalnya untuk hiburan diwaktu luang kini berubah menjadi profesi, tidak main-main untuk hadiahnya tournament game yang bernama dota 2 sebesar Rp225 miliar kepada sang pemenang juara pertama.

Banyak orang berbondong bondong mencoba untuk masuk ke dunia game tersebut untuk mendapatkan penghasilan, seperti menjual item langkah dalam game dan menjualnya ke sesame pengguna game, hingga mengikuti kompetisi lomba bermain game.

Pada saat ini sedang berkembangnya Esport yaitu kelompok orang yang menggeluti olahraga game online, banyak tim tim dari berbagai kalangan muncul, mereka bermain game sesuai dengan game yang mereka bisa, seperti team RRQ, team EVOS yang mana mereka bermain khusus game PC dan kemudian melihat game ponsel semakin berkembang mereka akhirnya menurunkan divisi mereka khusus untuk bermain game ponsel tersebut.

Indonesia sendiri menjadi salah satu Negara yang masuk ke sepuluh besar didunia dengan pemain terbanyak, dan masuk sebagai salah satu dari sepuluh peringkat untuk pendapatan terbanyak.

Penulis : rizal fanani mahasiswa ilmu komunikasi universitas muhammadiyah sidoarjo
Penulis : rizal fanani mahasiswa ilmu komunikasi universitas muhammadiyah sidoarjo
Facebook Comments