by

JALAN ALTERNATIF RAIH SUKSES ERA DIGITAL

Sebagai manusia banyak sekali kebutuhan yang harus terpenuhi. Dengan adanya beberapa kebutuhan pokok maka manusia dituntut untuk memenuhinya guna kelangsungan hidup. Kebutuhan pokok dapat dipenuhi dengan cara usaha dan modal. Sebagai wujud dari usaha dan modal tersebut dapat diartikan sebagai pekerjaan. Semua orang pasti membutuhkan pekerjaan, bahkan tak jarang tidak peduli pekerjaan baik atau tidak baik.

Sebagai syarat mendapatkan kerja salah satunya adalah pendidikan. Pendidikan punya dampak besar bagi seseorang untuk mendapatkan pekerjaan. Banyak orang yang rela menempuh pendidikan tinggi hingga ke luar negeri untuk mendapatkan pedidikan yang berkualitas serta gelar yang akan didapat. Namun tidak bisa dipungkiri bahwa peluang tidak hanya dapat diraih dengan satu cara saja akan tetapi dengan berbagai cara. Selain pendidikan yang tinggi, pekerjaan juga dapat diraih dengan bakat dan pengalaman yang mungkin tidak didapatkan dengan cara pendidikan, dimana bakat tersebut merupakan anugerah dari Sang Pencipta.

Sebagai masyarakat yang hidup di jaman sekarang serba modern atau dikatakan jaman internet, masyarakat sangat diuntungkan akan internet. Bayangkan semua hal pasti ada di internet, dari yang dapat membawa pengaruh positif sampai negatif.

Jika dibandingkan dengan beberapa tahun sebelumnya, masyarakat cederung bergantung dengan sebuah perusahaan untuk mendapatkan pekerjaan yaitu sebagai buruh pabrik, pegawai swasta, dan lainnya dimana mereka akan diatur dan tunduk pada sebuah aturan. Seiring dengan perkembangan teknologi di masa kini memang sangat berperan di dalam menjadikan sebuah pekerjaan baru yang dapat dilakukan di rumah. Memulai mencari keahlian apa yang dimiliki, dan memanfaatkan keahlian tersebut guna hasilkan uang lebih banyak.

Setiap orang akan berbeda dalam memilih sebuah pekerjaan sesuai dengan keinginan, ada yang bergantung pada perusahaan, ada yang mendirikan usaha sendiri. Bekerja dari rumah memberikan beberapa keuntungan. Mulai dari jam kerja yang fleksibel, hingga bebas mengenakan pakaian apapun saat bekerja. Triknya, temukan pekerjaan yang sesuai dengan keahlian dan bisa memberikan bayaran yang sesuai. Sayangnya, kesempatan untuk bekerja dari rumah pun banyak disalahgunakan. Tidak heran bila akhir-akhir ini banyak terjadi penipuan via internet dalam bentuk penawaran pekerjaan yang bisa dilakukan dari rumah. Pekerjaan yang dilakuan di rumah tidak bisa dipandang remeh atau dimudahkan. Seseorang yang memilih bekerja dirumah harus selalu menggali kreativitas yang dimiliki.

kretivitas adalah menciptakan suatu hal yang baru dan bermanfaat. Biasanya, seseorang menjadi kurang ekspresif untuk mengekspresikan ide dan kreativitas. hal ini dikarenakan cenderung mengikuti harapan masyarakat dan lingkungan sosial. Terkadang inilah yang membuat menjadi tidak mau lagi mengembangkan bakat karena takut akan cemoohan orang lain. Atau mungkin, tanpa disadari telah terperangkap oleh pandangan dan harapan-harapan yang diciptakan bukan dari diri sendiri.

Semua orang terlahir kreatif, selama ini kecenderung memandang kreativitas terbatas hanya pada seni saja. Misalnya, orang yang kreatif adalah orang yang memiliki talenta melukis, menari, atau mendesain. Namun sebenarnya, kreativitas merupakan cara pandang dan berpikir seseorang ketika melihat suatu sasaran. Tidak semua orang percaya bahwa kreativitas sebenarnya dapat dilatih dan diciptakan. Apalagi kreativitas ini sebenarnya dapat dilatih dan ditingkatkan, seperti dengan menanamkan kepercayaan pada kemampuan yang dimiliki untuk menghasilkan ide yang berbeda dari orang lain. Melakukan apa saja ide yang terlintas pada pikiran dengan tidak menundanya untuk dilakukan lain kali secara sempurna jadi dilakukan saat itu juga dengan cara seadanya. Jika suasana hati sedang kurang baik dapat diatasi dengan membuat perasaan menjadi lebih baik dengan cara mendengarkan musik atau beristirahat sejenak untuk meningkatkan memori kreativitas. Setelah dapat mengasah kreativitas, diharapkan agar kreativitas tersebut dapat di wujudkan dengan sebuah karya yang dapat bermanfaat atau menghasilkan keuntungan untuk diri sendiri.

Untuk menuagkan sebuah kreativitas, pada era ini banyak sekali wadah atau tempat yang dapat memperkenalkan sebuah karya kreativitas yang sudah dibuat. Seperti Youtube, Sosial media, Blog, Online shop, dan situs lowogan pekerjaan freelance. Memanfaatkan sebuah aplikasi sangatlah efektif untuk menjadikan sebuah pekerjaan yang menjanjikan. Misalnya Youtube dan Sosial media.

Youtuber adalah seseorang atau sekelompok orang yang memproduksi video untuk kemudian diunggah ke youtube. Menjadi seorang youtuber termasuk pilihan karir ataupun pekerjaan sampingan yang cocok untuk anak muda sambil menjalani rutinitas sebagai anak kuliahan, serta insan-insan kreatif lain pun dapat berkarir sebagai seorang youtuber. Menjadi seorang youtuber juga bisa menghasilkan uang. Ketika channel youtube memiliki banyak pelanggan, serta video ditonton oleh banyak orang, maka di situlah muncul peluang bisnis. Channel youtube yang ramai itu dapat dijadikan sebagai ladang uang. Dengan model bisnis yang tepat, channel youtube dapat diubah menjadi pemasukan uang sebagai investasi. Menjadi seorang youtuber juga tidak mudah, berpikir keras untuk selalu kreatif dalam membuat sebuah video. Namun jika sudah sangat paham akan peluang pada youtube maka akan mudah membuat konten video. Menjadi youtuber tidak hanya untuk orang-orang yang mempunyai tingkat percaya diri tinggi seperti saat membuat video perjalanan liburan, kegiatan keseharian, dan perawatan kecantikan, sedangkan untuk orang yang kurang percaya diri, dapat membuat sebuah video dengan tutorial pembelajaran interaktif, tutorial memasak yang praktis, dan lainnya.

Pemanfaat sebuah aplikasi sosial media juga banyak peluang bisnis, seperti membuka online shop, model sebuah produk online shop yang biasa disebut endorse. Kebiasaan belanja online pun sudah tidak asing, dan perkembangan bisnis online shop di Indonesia semakin menjanjikan. Tidak perduli status ekonomi seseorang, bila dia sudah menggunakan smartphone, pasti mereka pernah jual-beli online. Selain memudahkan dalam hal transaksi, bisnis online shop juga memberikan kesempatan bagi banyak orang untuk memiliki bisnis sendiri secara mandiri. Tidak butuh modal besar untuk punya sebuah toko online, bahkan ada layanan gratis yang bisa dimanfaatkan untuk menjalankan usaha online shop.

Bukan hanya bentuk kreativitas jual beli saja yang menjadikan sebuah pekerjaan menjanjikan, akan tetapi banyak pekerjaan lain yang mudah dilakukan seperti kesempatan menjadi penulis buku atau editor sebuah website, asisten virtual melalui online dengan beberapa perusahaan, penerjemah bahasa asing pada dokumen, desain program data base perusahaan, pelatih kebugaran online, guru privat online, perencana perjalanan, berkarir dibagian Hubungan Masyarakat (Humas) atau Public Relations (PR) telah menjadi tren pada beberapa tahun belakangan ini. Beberapa situs lowongan pekerjaan juga banyak beredar luas yang dapat membantu untuk menemukan pekerjaan sebagai freelance baik itu dalam negeri maupun luar negeri.

Penulis  :  Santi Kurnia Wardani Mahasiswi Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
Penulis : Santi Kurnia Wardani Mahasiswi Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

REKOMENDASI UNTUK ANDA