by

Hasil Wawancara Eksklusif Terkait Program Calon Kepala Desa Hulaan No Urut 1

GRESIK, Bratapos.com – Pencalonan kepala desa gresik yang akan dilaksanakan pada tanggal 31 juli 2019 telah memunculkan banyak calon – calon yang berpotensi dan berkualitas untuk memimpin desa selama 6 tahun kedepan salah satunya calon kepala desa hulaan dengan nomor urut 1 Syaikuroziqin.

Pada saat media bratapos.com berkumjung ke no urut satu, beliau menyampai visi – misi sebagai berikut ini:

Nama Calon Kepala Desa                              : Syaikuroziqin

Alamat                                                               : Rt. 18 Desa Hulaan

Pendidikan                                                        : SMA

Pengalaman                                                     : Ketua Remas (Remaja Masjid) dusun Hulaan tahun 1998-2001

“KAMI SIAP HIBAHKAN JIWA DAN RAGA BUAT DESA TERCINTA YANG LEBIH BAIK DENGAN RIDHA ALLAH”

Program Unggulan:

  • Program 100 hari kerja apabila terpilih menjadi kepala desa Hulaan adalah membentuk PAMDES (Perusahaan Air Minum Desa) yang bergerak di bidang pengairan desa, dalam menjalankan program ini sumber dana ini rencananya diperoleh dari kompensasi tiap pengembang yang berencana dan sudah berinevestasi di wilayah desa hulaan hal ini diperkuat dengan diterbitkannya Perdes (Peraturan Desa).
  • Tata pengelolahan sampah yang harus terkordinir dengan benar.
  • Dalam menjalankan program tersebut saya akan mengumpulkan segenap elemen masyarakat (pemuda dan tokoh masyarakat sedesa sekaligus perangkat desa) untuk mencari solusi yang baik

Relawan pemuda Hulaan juga melakukan wawancara terhadap calon kepala desa Hulaan nomor urut 1 yaitu bapak Syaikuroziqin pada tanggal 6 Juli 2019 terkait dengan isu, kondisi dan permasalahan yang ada di desa Hulaan. Berikut merupakan hasil wawancara tim relawan dengan bapak Syaikuroziqin :

  • Terkait permasalahan lingkungan dan ekosistem :
  • Bagaimana solusi anda dalam menangani krisis air di desa Hulaan?

Jawaban: Pembentukan PAMDES yang bergerak dalam bidang pengairan desa Hulaan.

  • Bagaimana solusi anda dalam menanggulangi masalah sampah (manajemen,sarana-prasarana,dampak)?

Jawaban:  Jika pemerintah desa tidak mampu mengelola sampah maka solusi terakhirnya melakukan tender atau kerja sama dengan pihak suwasta sehingga pihak desa mendapatkan pemasukan, salah satu yang memprakasai program pengelolahan sampah di dusun Hulaan.

  • Kenakalan remaja :
  • apakah solusi dan antisipasi saudara terkait kenakalan remaja di desa hulaan (narkoba, miras, tawuran dll)?

Jawaban: Merangkul semua elemen anak muda atau remaja baik yang nasionalis maupun agamis untuk mengurangi masalah kenakalan remaja dengan cara pendekatan dan melibatkan dalam penyusunan draf terkait penyelesaian yang ada didesa, mengadakan kegiatan positif  baik formal  maupun nonformal untuk mengalihkan kegiatan negatif.

  • Pekerja dibawah umur :
  • apa solusi saudara dari maraknya pekerja dibawah umur (anak sekolah)?

Jawaban: Memberikan pemahaman bahwa pendidikan tidak berbanding lulus dengan keberhasilan finansial dan memberikan pembelajaran hidup.

  • Tindakan pasca pemilu :
  • Langkah konkrit pasca pemilu apabila terjadi gesekan meskipun tidak terjadi gesekan (bagaimana menyatukan tersebut)?

Jawaban: Menciptakan situasi kondusif dengan tidak menyebarkan ujaran kebencian diatara para pihak.

  • Apakah anda siap menang/kalah?

Jawaban: Menurut saya pilkades merupakan salah satu bagian dari proses perjalanan hidup. Kalau bicara masalah menang itu terlihat sombong, saya lebih mengutamakan siap kalah daripada siap menang.

  • Keamanan :
  • Bagaimana kelanjutan Kamtibmas yang diikrarkan di depan masjid Baitul Awwabbin Hulaan pasca tragedi tewasnya 3 pemuda desa Hulaan?

Jawaban: Perlunya perencanaan yang matang sebelum merealisikan program Kamtibmas karena program tersebut membutuhkan anggaran. Anggaran dialokasihkan dengan cara menggunakan aturan main yang baik dengan investor dan calon investor diwilayah Hulaan. Sehingga, berdampak langsung kepada masyarakat dalam menjalankan program Kamtibmas.

  • Dana Desa wilayah Menganti tahun 2019 sekitar 800jt (sumber: gresikkab.go.id)
  • Terkait pengelolaan dana desa dan prioritas anggaran antara pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) atau pembangunan infrastruktur?

Jawaban: Lebih memprioritaskan pemberdayaan sumber daya manusia, karna desa yang bisa dikatakan maju adalah yang memiliki sumber daya manusia yang baik.

  • Bagaimana tanggapan anda tentang isu yang beredar dimasyarakat bahwa ada beberapa calon yang sengaja dicalonkan untuk memeca suara?

Memang ada beberapa isu yang beredar dimasyarakat bahwa saya dijadikan boneka oleh orang-orang besar untuk memecah belah suara pilkades tapi itu semua tidak benar (HOAX), karena menjadi kepala desa adalah murni dari hati nurani saya sendiri untuk menuju hulaan yang lebih baik.

dwiki 1

hasil wawancara lengkapnya dapat anda lihat di link youtube berikut: https://youtu.be/fKbhk72g4Z8

Reporter        : Pemuda hulaan

Editor              : Dr

Publisher       : Redaksi

REKOMENDASI UNTUK ANDA