Letak “Seruling Samudera”

by
pantai-klayar_20150513_201549

Bagi kalian para wisatawan, siapa sih yang tidak kenal dengan pantai satu ini? Ya, betul ini adalah pantai Klayar yang terletak di Pacitan. Pantai ini memiliki pasir yang putih di tepinya, disertai dengan batu karang dan dikelilingi oleh tebing-tebing dan air laut yang berwarna biru. Terkadang tebing-tebing di pinggir pantai pun akan di daki oleh para wisatawan untuk melihat keindahan pantai dari atas. Pantai ini berlokasi di Desa Sendang, Kecamatan Donorojo, Kabupaten Pacitan, Provinsi Jawa Timur.

Perjalanan Menuju pantai ini sangatlah menyenangkan karena kita akan melewati jalan yang berliku-liku, naik turun, dan bahkan dikelilingi oleh bukit dan gua. Mungkin juga akan menegangkan bagi orang-orang yang memiliki phobia dengan hal-hal seperti itu. Di pantai Klayar banyak sekali pohon kelapa yang menjulang tinggi. Ciri khas pantai ini adalah terdapat celah di batu karangnya. Jadi, ketika ada ombak besar datang menerjang batu karang tersebut, itu akan terlihat seperti air mancur raksasa. Ada juga kata “seruling samudera”, itu adalah sebutan dari batu karang yang tertiup oleh angina sehingga menimbulkan efek siulan. Jika kalian ke pantai ini, kalian juga akan menemukan bebatuan yang mirip dengan patung Sphinx atau patung Singa dengan kepala manusia yang ada di Mesir.

Pantai ini masih tergolong pantai yang jarang dikunjungi, karena kurangnya pengetahuan orang-orang tentang pantai ini, jadi akses untuk menuju pantai Klayar ini hanya bisa di lalui oleh mobil atau motor pribadi. Harga tiket masuk ke pantai ini sangatlah terjangkau jadi tak perlu risau. Harganya adalah Rp.5000/orang. Sedangkan untuk kalian yang membawa kendaraan pribadi akan dikenakan parkir Rp.2000/motor dan Rp.5000/mobil. Jadi untuk kalian para wisatawan yang ingin berlibur mari ke Pantai Klayar Karen atidak ada yang mngecewakan dari pantai itu. Tidak perlu budget yang mahal pula. Lestarikan alam Indonesia ini, tidak perlu jauh-jauh ke luar negeri untuk melihat pemandangan indah karena di Indonesia banyak sekali destinasi yang sangat Indah.

WhatsApp Image 2019-07-15 at 13.00.36
Penulis Ari Fanto Soediro Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sidoarjo Prodi Ilmu Komunikasi
Facebook Comments