Karyono Wibowo : Paguyuban Kebangsaan Nusantara Menjadi Solusi Rekonsiliasi

by
PicsArt_07-14-07.11.49

JAKARTA BrataPos.com – Acara silaturahim dan halal bihalal, sebuah Paguyuban Kebangsaan Nusantara, yang di gagas oleh beberapa Gabungan dari Lintas Relawan Pendukung Jokowi dan juga Relawan Pendukung Prabowo di bilangan Tebet Barat Dalam Raya Jakarta Selatan.

Ini menjadi sebuah momentum nyata prinsip rekonsiliasi di tataran grassroot, imbas dari Pemilihan Presiden yang lalu. Berbagai pandangan dari para relawan yang mengupas tentang kontribusi kedepan dalam mengisi dan mengawal pembangunan di berbagai sektor mengemukakan dalam sessi diskusi sambung rasa antar elemen yang hadir.

Paguyuban Kebangsaan Nusantara yang dikomandoi oleh Dermayu Bhisono, membawa satu muatan ketulusan dalam merajut kebangsaan dengan latar belakang budaya kearifan lokal dan juga sikap pribadi dari masing-masing tokoh pergerakan yang hadir pada Sabtu 14 Juli 2019 di Bale Nyahi Tebet Barat Dalam Raya No.29 Jakarta Selatan.

Hadir dalam kesempatan silaturahim tersebut yakni Mas Karyono Wibowo, sebagai salah seorang Pengamat Politik Nasional berkenan memaparkan satu kesimpulan diskusi yang prinsipnya yakni.

“Bahwa paguyuban kebangsaan nusantara ini hadir ditengah situasi yang sudah semakin mencair, sehingga mampu menjadi sebuah solusi peleburan antara dua kekuatan politik yang telah usai berkontestasi pada pilpres april 2019 yang lalu,” tegas Karyono.

Dalam kesimpulan ini atas berbagai pandangan dari tokoh pergerakan yang hadir yakni pentingnya “behavior” yang terpatri didalam diri pribadi menurut Karyono mengatakan bahwa masyarakat berbangsa indonesia.

“Untuk terus dapat mempertahankan nilai nilai dasar pancasila sebagai pondamen bangsa untuk berkehidupan di Indonesia,” kata Karyono.

Menanggapi hal adanya Paguyuban Kebangsaan Nusantara ini, Karyono menyambut sangat positif.

“Agar diskusi kebangsaan senantiasa dilaksanakan secara berkalan dengan tema tema kebangsaan yang nyata nyata dibutuhkan di tengah masyarakat Indonesia,” terang Karyono.

Dalam agenda acara tersebut, juga berkumpul Komunitas Peduli Air dan Lingkungan yang mengkristal dengan kerangka berpikir bahwa Air afalah 70 persen kebutuhan hidup manusia di muka bumi ini.

“Dimana sikap dan tingkah laku manusia untuk memperlakukan air dan lingkungan juga harus dilandaskan pada nilai nilai agama yang dimulai dari sikap keseharian kita di masing masing kehidupannya,” Ungkap Bang Usman sebagai salah satu Tokoh Pergerakan Penggiat Komunitas Sekolah Sungai Ciliwung.

Ali Nasrullah menegaskan bahwa pihaknya saat ini tengah berupaya melakukan pengelolaan bantaran kali cisadane yang terbentang di wilayah Tangerang.

“Agar dapat dimaksimalisasi menjadi satu Kawasan Wisata Alam Terpadu Cisadane yang mengajak Komunitas Peduli Air dan Lingkungan untuk dapat hadir bersama sama dengan warga setempat melaksanakan pengelolaan dimaksud,” tegas Ali pada awak media.

Acara silaturahmi yang dimulai dari pukul 16.00 tersebut berakhir pada pukul 21.00 dengan ditutup sesi photo bersama dan saling ramah tamah sesuai daftar hadir yang tercatat, relawan pendukung Jokowi Maruf Amin yang hadir dalam wadah Lintas Relawan Jokowi.

Sesuai arahan dari pertemuan jokowi & prabowo menenun kembali merah putih diskusi tersebut di hadiri akan juga oleh relawan pendukung Prabowo Sandi yang kemudian membaur dalam kesatuan sambung rasa kebangsaan dalam wadah PAGUYUBAN KEBANGSAAN NUSANTARA.

Reporter : Soleh
Editor : jas
Publisher : redaksi

Facebook Comments