Hadirnya Ponsel Di Kehidupan manusia

by
Penulis : Bagus Herdinovian Wicaksana mahasiswa universitas Muhammadiyah sidoarjo  ilmu komunikasi
Penulis : Bagus Herdinovian Wicaksana mahasiswa universitas Muhammadiyah sidoarjo ilmu komunikasi

Kehadiran telepon seluler (ponsel) atau Handphone telah merubah di kehidupan manusia. Sebagian besar remaja zaman sekarang merasa dirinya sangat ketergantungan pada Handphone. Menurutnya, kehadiran ponsel sangat membantu dan mempermudah untuk berkomunikasi satu sama lain. Komunikasi, hal itu yang memaksa dirinya memutuskan menggunakan ponsel beberapa tahun silam. Alasanya agar bisa berkomunikasi dengan mudah.

Sebagian besar para remaja mengatakan bahwa tujuan utama menggunakan ponsel adalah, “Sebagai alat komunikasi dan sebagai penyambung silaturahmi, sebagai hiburan, dan tidak menutup kemungkinan sebagai alat tambahan membantu dalam melancarkan berbisnis.”

Bagi mereka yang hidup di perkotaan, di dunia modern yang menuntut segala sesuatunya serba cepat dan mudah. Celah ini tentu menjadi peluang besar para perusahaan komunikasi untuk merauk keuntungan. Mereka berlomba-lomba mengembangkan teknologi yang telah ada guna melahirkan produk-produk baru yang bakal mengisi pasar.

Melalui inovasi-inovasi, mereka memaksa insan-insan perkotaan menambah kebutuhan hidupnya.

Perkembangan teknologi tentu tidak mungkin mencapai kata sempurna. Oleh karena itu, tidak ada satu teknologi pun di era modern ini yang mencapai fase final. Penemuan-penemuan berikutnya tetap mengikuti sebuah pencapaian yang telah ada.

Beberapa remaja mengaku ketergantungannya pada ponsel telah mencapai taraf yang tinggi. Kendati demikian, sifat “memaksa” itu sangat relatif, tentunya. Di tempat-tempat yang jauh dari hingar-hingar perkotaan yang dibalut kemajuan teknologi.

Kemajuan peradaban manusia seiring dengan berkembangnya kebutuhan hidup, memaksanya menggunakan ponsel dalam kehidupan sehari-hari. Kehadirannya telah mengubah pola hidup manusia.

Tak hanya orang remaja, banyak anak-anak yang saat ini tak bisa dipisahkan dengan game.

Kecanduan ponsel sejak dini merupakan masalah yang sangat serius. Tak sedikit anak-anak yang kecanduan untuk bermain ponsel siang dan malam bahkan begadang tanpa henti.

Padahal hal tersebut sangatlah buruk bagi anak-anak. Selain terus-terusan menunduk, dan tidak banyak gerak, anak-anak akan menjadi lupa untuk makan apabila telah asyik bermain game.

Padahal terus-terusan terpaku dengan Handphone bisa berbahaya.

Kemajuan teknologi ponsel yang sangat pesat ini menimbulkan dampak positif dan negatif bagi para penggunanya, khususnya untuk para remaja.

Dampak positif nya adalah menambah pengetahuan tentang perkembangan teknologi.

Dan dampak negatifnya adalah dengan adanya fitur-fitur canggih yang tersedia di Handphone seperti permainan (Games) akan mengganggu remaja dalam menerima pelajaran di sekolah atau di kampus.

Perkembangan teknologi sekarang yang cukup modern dapat mempengaruhi dunia pendidikan di Indonesia. Maraknya HP sekarang juga sudah merusak akhlak pelajar di negeri kita.

Berdasarkan hasil penelitian di atas, disarankan bahwa menggunakan HP lebih baik tidak pada waktu belajar dan jauhkan dari anak yang masih dibawah umur.

Facebook Comments