Produk Lokal Menunjang Perekonomian Indonesia

by
Produk local Indonesia

Cinta Produk Indonesia, Cara Sederhana Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia panik ketika terjadi inflasi besar-besaran pada tahun 1998. Harga kebutuhan pokok meroket tajam menyebabkan masyarakat turun ke jalan, memprotes pemerintah menurunkan harga barang. Rusuh kisruh dan kekacauan dimana-mana.

Itulah sepenggal cerita kelam masa silam yang tak ingin terulang kembali di masa sekarang, namun sungguh takut terasa ketika pembawa berita tiba-tiba hadir menyampaikan kisruh demontrasi warga di sela-sela penayangan acara kartun favoritku waktu itu.

Kestabilan keuangan yang menjadikan krisis ekonomi global menjadi pokok kejadian waktu itu, dan baru bisa aku pahami setelah isu itu terjadi lagi di tahun 2008 meski tak separah di tahun 1998. Namun dampaknya sangat terasa, ketika uang jajan seribu rupiah yang di berikan ibuku hanya bisa dibelikan lontong dan bakwan masing-masing satu potong yang tadinya bisa sampai dua tiga potong di kantin sekolah.

Yah walaupun itu sudah menjadi momok ekonomi global per sepuluh tahunan menurut ahli ekonomi. Tak semestinya kita hanya bisa protes ke pemerintah, koar-koar turun ke jalan untuk menurunkan harga pangan. Berbaik sangka saja bahwa Pemerintah sudah berusaha semaksimal mungkin menjaga stabilitas sistem keuangan nasional kita. Tinggal kita, apa gerakan kita untuk mendukung program pemerintah agar berjalan lancar tidak ada halangan?

Mencintai produk buatan Indonesia salah satu solusinya. Di bidang kebutuhan pokok yang paling mendasar pilihlah barang buatan Indonesia, kan produk Indonesia kualitasnya sama dengan produk luar negeri. Negara kita kaya akan sumber daya alam dan budaya, salah satunya Indonesia mempunyai kain khas bernama batik yang sudah diakui dunia sebagai warisan budaya, tinggal kita yang melestarikan dengan suka memakai batik.

Seperti produk elektronik yang di era milineal ini semakin berkembang. Sejalan dengan itu, masyarakat Indonesia juga berlomba-lomba menciptakan produk Indonesia paling canggih, berkualitas murah dan mudah digunakan. Tinggal masyarakat Indonesia yang harus yakin, bahwa produk Indonesia kualitasnya baik. saya mengatakan demikian kenapa? karena belakangan ini beredar stigma negatif, jika barang Indonesia kualitasnya tak sebagus produk luar negeri, mudah rusak, kualitasnya jelek dan komentar lain yang menusuk hati bila di dengar para produsen. Ayo berfikir positif produk Indonesia itu bagus, bagaimana bisa produk Indonesia maju bila barang yang diciptakan tidak diakui masyarakatnya sendiri?

Mencintai produk Indonesia juga akan memperluas ekspor ke luar negeri. Bayangkan betapa banyak warga kita yang sedang bekerja atau belajar di luar negeri.Menurut data rilisan Komisi Pemilihan Umum(KPU) saat pemilihan presiden kemarin, pemilih luar negeri yang terdaftar di DP4LN (daftar pemiih tetap luar negeri) data pemilih tetap/DPT yang tercatat sebanyak 2.058.520 pemilih.

Bayangkan jika gairah mencintai produk Indonesia diterapkan sedari kecil, bukan tidak mungkin akan membuat ketagihan di waktu kita besar, kita akan mencari-carinya dan kehilangan ketika dia tidak ada. Solusinya ya menelfon keluarga untuk mengirimkan paket ke luar negeri dan jaman sekarang kita dapat melakukan belanja dengan online shop melalui smartphone. Bila paketnya banyak, siapa yang akan senang? Ya produsen dalan negeri juga kan?. Mari produsen dan masyarakat Indonesia kreatiflah dan ayo berkarya dan jangan hanya duduk diam tak melakukan apa-apa. Kesempatanmu banyak jika pasar dalam negeri bisa tembus ke luar negeri, ciptakanlah barang berkualitas nomor satu untuk warga Indonesia agar di kenal keseluruh dunia.

Banyak produk local yang mendunia kita kira itu adalah produk luar negeri seperti League, Eiger, Piero, Tomkins, buccheri, J.CO donuts&coffe, dan lain-lain. Produk tersebut memang sudah tidak asing dari kita karena sudah banyak terdapat di mall. Mungkin dikarenakan nama dari produk tersebut yang berbahasa inggris dan berbahasa italia kita mengira produk tersebut produk asing.

Dan sekarang ini banyak  anak bangsa kita berkarya dengan membuat produk berkualitas tidak kalah jauh dari produk luar seperti, Sepatu compass yang berkualitas, desain berkelas, ukuran pas, dan harga yang pas. Produk ini banyak diminati oleh para pecinta Localpride terutama para anak indie, dan mungkin masih banyak lagi yang berminat dari produk ini. Tapi tidak mudah mendapatkan sepatu ini dikarenakan selalu ludes terjual hanya beberapa menit ketika re-stock barang ini.

Mencintai produk buatan negeri sendiri, salah satu cara menguatkan stabilitas ekonomi sehingga kita tidak ketergantungan dengan produk asing. Di saat ada badai ekonomi pun, kita bisa berpegang teguh dengan produk buatan sendiri dan ketahanan pangan negeri sendiri. Negara itu seperti sebuah tubuh, jika imunitas badan tinggi kuman dari luar tidak akan mudah berpengaruh kepada kesehatan tubuh. Namun jika imunitasnya rendah, baru terkena hujan gerimis sedikit nantinya jatuh sakit. Jadi cintailah produk-produk Indonesia agar dapat menambah jumlah investasi dalam negeri, meningkatkan pertumbuhan ekonomi Negara, membuka lapangan kerja ,dan menambah jumlah pendapatan nasional.

Penulis :  Pavel Juhan Kalle Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sidoarjo  Ilmu Komunikasi
Penulis : Pavel Juhan Kalle Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sidoarjo Ilmu Komunikasi

 

Facebook Comments