Banyuwangi Kota Wisata

by
kawah-ijen-800x520

Indonesia, negara yang kaya akan suku, budaya, bangsa, dan bahasa. Terdapat ribuan pulau yang indah di Indonesia ini. Masyarakatnya pun dikenal baik dan ramah, tak heran jika banyak turis yang datang ke Indonesia untuk berlibur. Banyuwangi, salah satu kota di Indonesia yang juga banyak diminati oleh wisatawan asing karena Banyuwangi memiliki keunikan tersendiri dalam bidang pariwisata dan budaya. Banyak sekali wisata yang ada di kota Banyuwangi ini:

  • Taman Nasional Baluran

Taman ini dikenal karena memiliki padang rumput yang sangat luas, tak hanya itu, di Taman Nasional Baluran ini juga memiliki banyak hewan langka seperti: Ajag, burung Layang-layang Api, burung Merak, dan masih banyak lagi. Dan tumbuhan langka seperti: Widoro Bukol, Pilang, dan masih banyak lagi. Jangan risau untuk warga lokal karena harga tiket masuknya cukup terjangkau.

  • Kawah Ijen

Kawah Ijen ini adalah wisata yang berada di puncak Gunung Ijen. Gunung Ijen sendiri memiliki ketinggian 2.779 mdpl. Pasti kalian tidak akan menyesal kalau sudah berada diatas, Karena diatas kalian akan disuguhi pemandangan yang sangat indah. Kalian bisa melihat kota Banyuwangi dari atas, pemandangan “sunrise” nya pun tidak kalah menarik dan melihat kawah yang berwarna hijau tosca.

  • Green Bay (Teluk Ijo)

Teluk ini berada di Sarongan, Pesanggaran, Banyuwangi ,Teluk ini sangat istimewa karena warna airnya yang hijau dan akan semakin membiru kearah lautan. Pesona lain dari teluk ini adalah adanya air terjun alami yang tidak jauh lokasinya dari “green bay” tersebut. Disana kita bisa snorkling atau main-main sepuasnya dengan air karena ombaknya yang aman tapi tetap harus waspada ya.

Masih banyak sekali wisata-wisata lain yang menarik untuk dikunjungi. Selain wisatanya, berikut merupakan budaya yang ada di Banyuwangi:

  • Festival Gandrung Sewu

Hayo siapa yang tidak tau Tari Gandrung? Jangan ngaku orang Indonesia deh kalau tidak tau Tari Gandrung. Jadi Tari Gandrung adalah tarian khas Banyuwangi yang biasa ditampilkan saat acara pernikahan, khitan, atau pada saat HUT RI. Festival Gandrung Sewu ini sangat terkenal dan biasa diikuti oleh sekitar 1.314 penari gandrung dan pendukungnya. Peserta tari  akan dipilih dari SMP dan SMA di Giri, Wongsorejo, Kalipuro dan Glagah di Banyuwangi.

  • Festival Jaranan Buto

Jaranan Buto sendiri merupakan salah satu budaya khas Banyuwangi. Tari ini biasanya di lakukan oleh 6-8 orang penari dan 8-12 pemain alat musik. Tari ini menggunakan properti berupa replika kuda. Hampir sama seperti kuda lumping, hanya saja wajah kudanya dibuat dari kulit lembu dan dibentuk menyerupai buto (raksasa).

  • Banyuwangi Ethno Carnival (BEC)

BEC ini adalah salah satu acara di kota Banyuwangi yang pertama kali dilakukan pada tahun 2011 dan sangat dinanti oleh semua orang. Acara ini adalah suatu event yang diikuti oleh banyak orang. Dengan busana-busana yang menarik para penonton yang melihatnya. Tema busananya juga berbeda setiap tahunnya. Banyak wisatawan asing yang menikmati parade busana ini. Jadi buat kalian yang belum pernah melihat acara ini silahkan datang langsung ke Banyuwangi sesuai tanggal dari Kementrian Pariwisata.

Beberapa contoh tadi merupakan kekayaan alam dan budaya yang ada di Indonesia khususnya di kota Banyuwangi. Hal ini menunjukkan bahwa Indonesia memiliki banyak tempat yang berpotensi untuk dijadikan destinasi wisata dalam berlibur.

20150105_144317A
Penulis : Fitriyah Amaliyah Firdaus Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sidoarjo Prodi Ilmu Komunikasi

Facebook Comments