by

Kepadatan Transportasi Di Saat Bulan Ramadhan

Sering kali, kita melihat bahwa di saat suasana pemudik itu selalu ramai Dan banyak nya orang sebelum hari mudik, mereka selalu melakukan/mengunjungi suatu tempat tersebut terlebih dahulu.

Kebanyakan para pemudik lebih mementingkan acaranya, tanpa melihat situasi perjalanan tersebut, kebiasaan mereka adalah ketika sudah hari berangkat, mereka baru sadar perjalanan yang akan di tempuh, ternyata di padati oleh pemudik lainnya, yang sudah melihat situasi tersebut, hingga mereka yang baru saja berangkat, mereka terkejud dengan antrian dan kepadatan yang mereka terima/rasakan.

Hari mudik biasanya, sudah di rasakan oleh para pemudik lainnya, yang sudah terbiasa melalui perjalanan, yang amat ramai tetapi terlalu banyak, juga yang menghambat arus mudik di hari – hari mudik dari tahun ketahun.

Para pemudik biasanya menggunakan, jasa transportasi yang berbeda – beda yaitu; mobil, motor, pesawat, kereta, kapal dan alat transportasi lain yang bisa mereka gunakan.

Arus mudik di tahun ini mulai berubah, di karenakan faktor ekonomi yang selalu meningkat dan berubah, hingga mungkin saat ini para pemudik tidak banyak yang, pergi dan mereka mempunyai pikiran, kita harus menghemat uang, akhirnya mereka mengubah rencana, dan mereka memilih berangkat mudik dengan jarak yang tidak jauh, yang nantinya akan mengeluarkan ongkos banyak.

Mudik di bulan Ramadhan, di hari lebaran saat ini mulai penuh kembali

Di karenakan mereka, mendapatkan THR dari perusahaan/tempat kerjanya. Mereka memiliki gaji atau bayaran yang cukup untuk pergi bersama keluarganya, kemudian suasana nya pun merubah di hari lebaran ini,.

Pemudik yang, memiliki kampong halaman lebih dari puluhan bahkan ratusan kilometer, mereka lebih memilih menggunakan angkutan transportasi umum, seperti kereta dan pesawat, dengan maksud untuk mempercepat perjalanan, agar segera tiba di tempat tujuan.

Para pemudik, sering mencemaskan harga transportasi sekarang, di karenakan naiknya ongkos pembayaran, yang telah meningkat di tahun-tahun ini, di karenakan ada masalah dengan sistem ekonomi, yang sistem nya masih berubah – ubah dan belum, menjadi  ketetapan publik.

Masyarakat pun biasa membeli tiket, tidak melebihi ongkos yang mereka punya, tetapi sekarang masyarakat lebih memiliki, rencana untuk memilih angkutan/jasa transportasi yang umum dan murah, yang masih bisa, di beli, dan cepat sampai tujuan, kemudian tidak perlu ribet untuk menentukan mana yang mudah, untuk di beli.

Pertimbangan pengguna transportasi para pemudik, lebih menyukai menaiki transportasi darat yang aman contohnya  kereta dengan, jumlah 80,554, sedangkan mobil 40,321, jumlah pengendara motor masih 38,122, minat mereka berbeda- beda, dengan itu macam – macam pemudik sudah, bisa memilih alat transportasi umum yang aman, untuk menuju kampong halaman/kampong mereka di saat bulan Ramadhan telah tiba..

Di lihat dari sisi sampingnya mereka, di tahun ini malah mereka lebih memprioritaskan dirinya sendiri, pada bulan Ramadhan mereka tidak memilih untuk mendatangi, rumah keluarga nya, yang mereka lakukan adalah menggunakan sistem, maju salah satunya mereka hanya memakai video call, maupun free call melalui alat komunikasi, yang mudah di akses di tahun ini.

Kemudian, juga banyaknya orang – orang yang merantau di berbagai kota yang tidak dapat mengunjungi orang tua nya, jadi di bulan Ramadhan saat itu, mereka hanya bisa mengirimkan pesan surat dan, pesan lainnya untuk selalu membentuk keharmonisan silahturahmi, meskipun sedang di kota lain, yang tidak bisa di paksakan untuk berkunjung.

Tetapi mereka selalu bisa mengatur waktu untuk mengunjungi orang tuanya, tetapi bisa saja beberapa bulan sekali untuk mengunjungi mereka, bisa saja tidak, kebanyakan orang yang merantau merindukan suasana bersama mereka, di karenakan moment tersebut adalah moment special di  kehidupan mereka, karena seorang rantau hanya bisa bertemu jika mereka ada waktu luang, untuk pulang.

Moment Ramadhan, adalah bulan suci yang di laksanakan oleh umat islam dengan tujuan, membangun silahturahmi sesama keluarga, saudara yang jauh menjadi dekat, bulan ini adalah bulan yang ceria dimana seorang berkumpul, untuk membangun canda tawa, bersama adek – adeknya dan saudaranya, dari kota nya.

Dan mereka sudah menunggu hari tersebut datang untuk, menemui umatnya, padatnya traffic di bulan Ramadhan di karenakan adanya insiden kecelakaan, yang menimpa masyarakat lain, sehingga perjalanan mereka  terhambat.

Pesan saya, ketika mengadakan rencana untuk mudik lebih berhati – hati, pastikan semua peralatan dan persiapan fisik sudah, siap.

Penulis : Aldif Athalla Naufal Mahasiswa Program ILMU KOMUNIKASI Universitas Muhamaddiah Sidoarjo
Penulis : Aldif Athalla Naufal Mahasiswa Program ILMU KOMUNIKASI Universitas Muhamaddiah Sidoarjo

REKOMENDASI UNTUK ANDA