by

Banyaknya Food Vlogger, Sampai Bikin Ngiler

-Terbaru-899 views

Ketika mendengar istilah vlogger, apa sih yang terlintas di fikiran kalian ? Nah, sebelum istilah vlogger ini muncul, terlebih dahulu kita mengenal yang namanya blogger. Blogger itu sendiri adalah orang yang suka mereview atau mempromosikan sesuatu melalui tulisan yang diposting di blog nya. Blogger ini lebih dikenal dengan penulis online.

Tapi, akhir-akhir ini munculah istilah baru seperti vlogger. Nah vlogger itu sendiri sama seperti bloger, namun media yang digunakan untuk memposting atau mempromosikan sesuatu itu tidak di blog lagi melainkan di youtube atau bisa juga di instragram. Ada beberapa istilah sebutan untuk seorang vlogger.

Tergantung konten apa yang dibuat oleh vlogger itu sendiri. Seperti beauty vlogger, traveller vlogger, ataupun food vlogger.

Nah, food vlogger itu sendiri yaitu vlogger yang suka mereview ataupun memposting sesuatu yang berhubungan dengan makanan-makanan. Biasanya dalam postingan tersebut menjelaskan dimana makanan itu dijual, berapa harga dari makanan tersebut, bahkan halal atau tidaknya juga ditampilkan dalam video tersebut.

Ada beberapa food vlogger di indonesia yang bisa dibilang  sukses bahkan menjadi influencer bagi food vlogger lainnya yang ada di indonesia. Seperti Ria SW, Mgdalenaf, Nexcarlos, Tanboy Kun dan lain sebagainya. Kehadiran food vlogger ini juga memengaruhi banyak orang.

Banyak yang ingin menjadi food vlogger, karena dirasa pekerjaan ini adalah pekerjaan yang tidak begitu sulit dan mudah mendapatkan uang. Tapi, menjadi seorang food vlogger juga mempunyai tanggung jawab yang besar karena mereka harus memastikan bahwa makanan yang di review benar-benar bisa dibuktikan kesehatannya.

Ada beberapa keuntungan bahkan kerugian yang didapatkan oleh seseorang karena postingan seorang food vlogger.

Pertama, melalui postingan food vlogger tersebut, seseorang dapat menemukan macam-macam makanan yang ada di seluruh indonesia baik makanan tradisional khas daerah tersebut ataupun tidak.

Kedua, melalui postingannya kita juga bisa melihat harga, kualitas, bahkan halal atau tidaknya makanan tersebut, sehingga kita juga bisa berhati-hati dalam memakan makanan tersebut.

Ketiga, keuntungan dari postingan food vlogger tersebut tidak hanya untuk semata-mata kita mengetahui makanan-makanan saja yang patut dicoba melainkan dapat memberi keuntungan bagi seorang ojek online. Karena, dengan begitu banyak orang yang memesan makan tersebut melaui aplikasi ojek online, dan otomatis menambah penghasilan bagi ojek online tersebut.

Keempat, selain meguntungkan ojek online, tentunya postingan tersebut juga berdampak baik bagi si penjual makanan tersebut. Semakin makanan tersebut dipromosikan, semakin laris pula dagangan penjual tersebut sehingga dapat menaikkan penjualan dari makanan tersebut.

Dan masih banyak juga keuntungan dari postingan food vlogger tersebut. Lalu, selain keuntungan yang didapatkan, tentunya terdapat kerugian food vlogger tersebut.

Pertama, banyak orang yang menganggap menjadi seorang food vlogger adalah pekerjaan yang benar-benar menjanjikan untuk mendapatkan penghasilan yang banyak. Mereka seenaknya saja memposting makanan atau menunjukkan cara makan yang aneh dan memakan seluruh makanan tanpa melihat kandungan dari makanan tersebut. Mereka tidak melihat akibat dari makan makanan tersebut. Yang terpenting dia memposting dan mereview makanan apa saja untuk memenuhi kebutuhan konten mereka.

Kedua, bagi seorang penjual makanan tersebut. Selain mendapat keuntungan penjual makanan tersebut juga mendapat kerugian dari seoarang food vlogger. Semisal ketika seorang food vlogger mereview makanan tersebut dan dirasa tidak puas atau bisa dibilang tidak enak, maka otomatis semua orang mempercayai komentar tersebut. Padahal, setiap orang mempunyai selera rasa yang berbeda-beda. Belum tentu rasa enak yang direview oleh food vlogger, enak di lidah kita.

Ketiga, kerugian selanjutnya yaitu berakibat pada kesehatan, semakin banyak makanan yang direview dan diposting, semakin membuat penonton meningkat rasa keinginan untuk memakan makanan tersebut. Bahkan tidak melihat banyak tidaknya dan sehat tidaknya makanan tersebut.

Keempat, selain berdampak pada kesehatan, postingan tersebut berdampak pada keuangan juga. Semakin kita tertarik dengan makan tersebut, kita juga tertarik untuk membeli dan mencicipi makanan tersebut tanpa melihat mampu atau tidaknya membeli makanan teesebut.

Selain keuntungan dan kerugian dari postingan food vlogger, melalui salah satu media online, Tanboy Kun membagikan tips untuk menjadi seorang food vlogger suskes antara lain, Pertama, membuat konten yang menarik dan kenali diri sendiri dulu. Harus fokus dengan konten apa yang kita berikan kepada penonton. Semisal fokus di konten makan, ada yang fokus ke review dan lain-lain.

Kedua, jangan malu untuk memulai. Tidak perlu mikir harus mulai memakai kamera profesional. Begitu juga soal kemampuan mengedit video, intinya mulai saja terlebih dahulu. Seiring berjalannya waktu bisa belajar sedikit demi sedikit.

Selain itu, food vlogger Mgdalenaf juga memberikan tips dan trik tetap langsing meski suka makan. Dalam wawancaranya dengan salah satu media online, ia mengatakan bahwa ia dari kecil memang suka makan dan semakin dewasa intensitas makan nya lebih sering. Maka dari itu ia mengimbanginya dengan olahraga.

Agar kalori yang masuk sama dengan yang keluar.  Olahraga yang sering sering dilakukannya adalah thai boxing selama satu jam setiap hari. Lalu dia juga mengimbangi dengan makan  buah dan sayur untuk memasuk serat, vitamin, mineral, dan nutrisi lainnya.

Itu tadi sekilas tentang apa itu food vlogger, mulai dari keuntungan ataupun kerugian menjadi food vlogger dan lain sebagainya. Nah, Bagaimana ? Masih tertarik utuk menjadi seorang food vlogger ?. Harus yakin dong, Karena Setiap pekerjaan pasti mempunyai berbagai macam resiko baik buruk maupun tidak.

Tergantung bagaimana kita menyikapinya. Sebagai seorang food vlogger, tentunya harus mempunyai konten yang menarik. Tidak hanya bicara enak tidaknya makanan tersebut, melainkan juga memperhatikan kandungan dari makanan tersebut agar penonton bisa mencoba makanan itu tanpa berfikir lagi tentang resiko apa yang didapat setelah memakan makanan tersebut.

Dan yang paling penting adalah tempat atau alamat menjual makanan tersebut agar penonton tidak kebingungan. Lalu, halal atau tidaknya makanan tersebut dan berapa harga dari makanan tersebut, agar penonton bisa menyiapkan dana untuk menghindari pengeluaran uang yang berlebihan. “Perut kenyang, hati pun senang !!!.”

REKOMENDASI UNTUK ANDA