Categories
Bratapos Sumbagut Terbaru

Akhir Bulan ini, DPMD Kabupaten Sumenep Akan Sosialisakan Pada Panitia

SUMENEP, BrataPos.com – Di bulan Juni 2019 ini, Panitia pemilihan Kepala Desa (Pilkades) di Kabupaten Sumenep, harus sudah terbentuk.

Panitia pilkades dari 226 desa yang akan melaksanakan pilkades tersebut, nantinya akan diberikan pembekalan oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) setempat.

“Panitia yang dibentuk oleh BPD itu harus sudah selesai akhir bulan ini. Karena nanti kami akan melakukan sosialisasi terhadap panitia disemua desa,” kata Moh. Ramli, Kepala DPMD Sumenep, Kamis (27/06/2019).

Nantinya sosialisasi tersebut akan ditempatkan di Hotel Utami Sumenep. Sosialisasi itu akan dilaksanakan mulai tanggal 2 hingga tanggal 4 Juli mendatang. Dengan ketentuan, peserta harus melampirkan SK Panitia yang dikeluarkan oleh BPD.

Pada sosialisasi itu, nantinya semua panitia dari unsur ketua, sekretaris, dan bendahara akan menerima beberapa materi tentang pilkades serentak 2019.

“Yang pertama itu akan disosialisasikan tentang bantuan pengelolaan keuangan desa yang akan digunakan pada Pilkades 2019 mendatang,” tambahnya.

Selain itu, panitia pilkades juga akan mendapatkan materi tentang tahapan pilkades sesuai dengan Peraturan Bupati nomor 27 tahun 2019 tentang Pilkades.

“Yang kedua, panitia pilkades juga akan mendapatkan meteri tentang tahapan pilkades, mulai dari tahap pendaftaran hingga pelaksanaanya nanti,” tukasnya.

Diketahui, sosialisasi tersebut akan dilaksanakan tiga tahap. Untuk tanggal 2 Juli 2019, sosialisasi akan dilakukan untuk panitia pilkades di Kecatan Kota, Batuan, Kalianget, Talango, Giligenting, Masalembu, Batuputih, Gayam, Nonggunong, Raas, Batang-Batang, dan Dungkek.

Untuk tanggal 03 Juli, yakni untuk Kecamatan Arjasa, Kangayan, Sapeken, Pasongsongan, Ambunten, Dasuk, dan Gapura. Sosialisasi terakhir yakni tanggal 04 Juli 2019, yaitu Kecamatan Guluk-Guluk, Praganaan, Ganding, Lenteng, Saronggi, Bluto, Rubaru, Manding, dan Batuan.

Sedangkan pelaksanaan Pilkades serentak tahun 2019 sendiri akan dibagi dua tahap. Tanggal 07 November 2019, Pilkades akan dilaksanakan untuk desa di wilayah daratan. Sepekan berikutnya, tanggal 14 November 2019, Pilkades akan dilaksanakan untuk wilayah kepulauan.

Reporter : sabit/zr
Editor : jas
Publisher : redaksi