Bangun Gedung Perpustakaan Tak Kunjung Selesai, LSM LPB Melaporkan Mantan Kades Jatirembe

by
IMG_20190617_072821

GRESIK, BrataPos.com – Mantan Kepala Desa Jatrembe Kecamatan Benjeng Kabupaten Gresik resmi dilaporkan oleh LSM LPB (Lembaga Pemantau Birokrasi) kepada Inspektorat Gresik.

Lembaga yang beralamat di Desa Kedanyang, Kebomas-Gresik itu adanya pembangunan gedung perpustakaan yang menggunakan DD (Dana Desa) tahun 2018 sebesar Rp. 225.000.000 tak kunjung usai.

Berdasarkan laporan, pembangunan gedung perpustakaan itu yang seharusnya selesai dikerjakan akhir tahun 2018. Akan tetapi, hingga kini gedung tersebut belum juga selesai dikerjakan oleh mantan kepala desa Jatirembe.

“Kami harap hukum di negara ini khususnya di Kabupaten Gresik tetap ditegakkan. Agar kepala desa tidak main-main dan lebih hati-hati dalam menggunakan dan mengelola anggaran dari pemerintah,” ungkap Novan selaku Ketum LPB di kantornya, Sabtu (15/6/2019).

Menurutnya, Kepala Desa Jatirembe beralasan jika anggaran yang digunakan untuk pembangunan gedung perpustakaan tersebut di Silpa kan. Namun pada rekening desa, saldo yang ada hanya sebesar Rp. 318.000.

“Silahkan kepala desa Jatirembe mengelak. Kami sudah punya bukti-bukti kecurangan yang dia lakukan,” jelas Novan.

IMG_20190617_072848

Lanjut lelaki asli kelahiran Ponorogo, laporan yang dia lakukan untuk pembelajaran kepala desa yang ada di Kabupaten Gresik, agar jangan main main dengan dana dari pemerintah. Dana dari pemerintah adalah untuk kesejahteraan masyarakat desa, bukan untuk kesejahteraan kepala desa.

“Kepala desa jangan mengambil keuntungan dari dana yang dikucurkan pemerintah baik pusat maupun daerah. Karena dana tersebut untuk kesejahteraan masyarakat desa, bukan untuk kepala desa.

“Kami berharap Inspektorat segera melakukan tindakan terhadap mantan kepala desa Jatirembe, agar bisa menjadi pembelajaran bagi kepala desa yang lain. Sementara laporan kami ke Inspektorat Gresik, selanjutnya kami akan melaporkan dia (Ridwan) ke Kejari Gresik dan Kejati,” pungkasnya.

Menanggapi adanya laporan LSM LPB kepada Inspektorat Kabupaten Gresik, BrataPos.com berusaha menghubungi Ridwan selaku mantan kepala desa Jatirembe yang masa jabatannya berakhir 26 April 2019 kemarin melalui telepon selulernya.

“Akan tetapi Ridwan enggan mengangkat telepon, hanya nada sambung yang terdengar. Hingga beberapa kali dihubungi enggan berkomentar,” katanya yang dilanair Radarbangsa.co.id.

Reporter : jml
Editor : jas
Publisher : redaksi

Facebook Comments