Pelabuhan Jangkar, Tempat Favorit Ngabuburit

0
43

SITUBONDO, BrataPos.com – Setiap bulan Ramadan, Pelabuhan Jangkar yang terletak di Desa/Kecamatan Jangkar Kabupaten Situbondo selalu ramai menjadi tempat favorit ngabuburit bagi warga sekitar.

Warga yang ngabuburit bukan hanya berasal dari sekitar Pelabuhan Jangkar saja tapi mereka juga berasal dari luar Jangkar, seperti dari Kecamatan Asembagus, Banyuputih maupun dari Kecamatan Arjasa, Kabupaten Situbondo.

Seperti sore itu, Rabu (15/5/2019) tepatnya pada hari ke 10 puasa Ramadan tahun ini, BrataPos.com mengunjungi Pelabuhan yang menjadi kebanggan warga Jangkar untuk memantau kegiatan ngabuburit warga.

Di pelabuhan yang dibangun era 1980-an ini terlihat lalu lalang warga yang menunggu beduk maghrib tanda berbuka puasa.

Terlihat muda-mudi banyak mendominasi area Pelabuhan Jangkar. Ada diantara mereka datang berpasangan, ada juga datang ramai-ramai bersama teman atau komunitasnya.

Tapi ada juga terlihat pasangan suami istri bersama anak-anak, maupun keluarganya. Rata-rata mereka yang ngabuburit di Pelabuhan Jangkar mengunakan kendaraan motor roda dua maupun roda empat.

Seperti dituturkan oleh Shalsabila, pelajar sekolah menengah atas di Kecamatan Asembagus yang mengatakan, baginya ngabuburit seolah menjadi rutinitas setiap datangnya bulan puasa.

“Setiap bulan puasa, saya selalu meluangkan waktu ngabuburit di Pelabuhan ini bersama keluarga. Tempatnya cukup bagus untuk melepas lelah sambil melihat matahari terbenam menunggu saat buka puasa,” ujarnya.

Lebih lanjut Shalsabila mengatakan Pelabuhan Jangkar menjadi pilihan ngabuburit karena tempatnya yang mudah dijangkau melalui akses jalan yang ada.

“Pelabuhan Jangkar ini menjadi alternatif bagi warga untuk sekedar refresing. Makanya kalau pas bulan puasa banyak warga yang datang kesini,” katanya.

IMG-20190515-WA0079

Selain menjadi tempat bersantai, Pelabuhan Jangkar ini juga dimanfaatkan untuk sarana bagi penggemar mancing. Pada bulan puasa jumlah penggemar mancing ini terlihat cukup banyak.

“Yah tempatnya cukup ideal untuk mancing. Saya hampir setiap minggu mancing disini. Kalau bulan puasa seperti sekarang ini kegiatan mancing bisa setiap hari,” tutur Rudy, warga Kecamatan Arjasa.

Pantauan BrataPos.com, menjelang beduk maghrib tiba Pelabuhan Jangkar perlahan mulai ditinggalkan warga. Mereka bersiap untuk bersantap buka puasa.

Reporter : Yat
Editor : jas
Publisher : redaksi

Facebook Comments