Operasi Gabungan Berantas PETI, TIM lakukan Penghancuran dan Pembakaran Rakit dan Mesin

0
39

Bungo, Bratapos.com  – Aktivitas Penambang Emas Tanpa Izin (PETI) di Kabupaten Bungo makin menggila dan makin tak terbendung, bukan hanya di kawasan hutan saja. Tetapi pelaku PETI sudah menjalankan aksinya dekat dengan fasilitas vital milik Negara. Rabu (15/05)‎

Di Bungo, pelaku PETI bahkan secara terang-terangan tanpa ada rasa takut, menjalankan aktivitas mereka dekat dengan Bandara Bungo.

Dalam upaya Pemberantasan PETI kali ini, Asisten II Khairul Saleh  bersama Kapolres Bungo dan Dandim 0416 Bute, Satpol PP serta Dinas LH, melakukan sidak ke beberapa titik tempat PETI beraktifitas, namun sayangnya dalam Sidak ini para pelaku PETI tidak berada di tempat, terindikasi jika Sidak telah bocor terlebih dahulu.

Khairul Shaleh  Asisiten II saat diwawancarai sejumlah awak media mengatakan, upaya Pemerintah Daerah dalam pemberantasan PETI terus dilakukan. Seperti melakukan razia, membakar peralatan dan mesin dompeng, namun aktivitas PETI masih marak terjadi diwilayah hukum kabupaten Bungo.

Dalam razia kali ini,  Ada 8 rakit yang berhasil kita hancur kan dan kita bakar, tapi di lokasi penambang sudah hening tanpa ada ativitas, jadi hanya ada  rakit dan mesin nya saja yang bisa di musnah kan secara keseluruhan.

”Diperlukan kerjasama dari semua lini untuk memberantas PETI, mulai dari pemerintah, instansi terkait dan aparat Kepolisian serta TNI. Yang paling penting adalah dukungan dari masyarakat itu sendiri,” ujar  khairul Saleh Asisten II pemkab Bungo ” tutur nya.‎

Asisten II juga meminta pihak Bandara Muara Bungo agar bisa memantau aktivitas PETI yang masih beraktivitas sekitaran runwey bandara, hal itu dilakukan agar tidak mengganggu aktifitas penerbangan maskapai yang mendarat maupun sebaliknya.

“Jika ditemukan aktivitas PETI masih beroperasi, kepada pihak Bandara untuk melaporkan secepatnya kepada pihak pemerintah, dan pihak pemerintah langsung berkoordinasi dengan pihak keamanan pada saat itu juga akan langsung ditindaklanjuti,” tegas nya

 Beliau juga menambahkan,  ada berapa titik yang rawan aktivitas peti ini, yang pertama di sekitarnya bandara Muara Bungo  dan selanjutnya tepat nya di dusun teluk pandak serta dusun empelu di dalam wilayah kecamatan  tanah sepengal kabupaten Bungo.

“Ada ataupun tidak ada laporan dari masyarakat, kami tetap akan tindak tegas, kami akan bakar dan hancur kan mesin nya serta orang perkerja peti akan kami tangkap, tim terpadu khusus akan kami bentuk untuk menusnah kan peti yang ada dan beroperasi di kabupaten bungo. Tutup nya.

Reporter : Hard

Editing : Wo

Publisher : Redaksi

Facebook Comments