Aceh Selatan Segera Bangun 600 Unit Rumah & Rehab

0
21

TAPAKTUAN, Bratapos.com – Tahun 2019 Aceh Selatan mendapat program bedah rumah atau bangun baru dari berbagai program mencapai 600 unit rumah atau lebih.

“Antara lain untuk Program Bedah Rumah atau Program BSPS (Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya) sumber dana APBN yang langsung dikelola oleh SNVT Provinsi, kita menerima sekitar 100 unit rumah atau sekitar Rp 1,7 miliar yang lokasinya di Kecamatan Kluet Tengah, Bakongan Timur dan Labuhanhaji Barat,” sebut Kabid Perumahan dan Tata Bangunan Aceh Selatan, Muchsin ST ketika menjadi narasumber pada acara sosialisasi dan Rakor Kabupaten Program Bantuan Rumah Swadaya (Bedah Rumah) di Aceh Selatan di Aula Bappeda setempat, Selasa (14/5/2019).

Untuk Program Bantuan Rumah Swadaya (BRS) sumber dana DAK, lanjut Muchsin, Aceh Selatan menerima Bantuan sekitar 150 unit rumah yang langsung dikelola oleh masyarakat.

Sedangkan untuk pembangun baru program pembangunan Rumah Sehat Sederhana (RSS) sumber dana Otsus yang langsung dikelola oleh Provinsi Aceh Selatan mendapat sekitar 180 unit rumah atau sekitar 15 miliar yang tersebar hampir di seluruh kecamatan yang ada di Aceh Selatan.

Total bedah rumah dan pembangunan baru yang kerja sama dengan Dinas Perkim Aceh Selatan tersebut, lanjutnya sekitar 450 unit rumah.

Jadi, menurutnya, perkiraan untuk Aceh Selatan di Tahun 2019 ini mencapai 600 unit atau lebih karena juga ada program yang sama di Dinas Sosial Provinsi, Baitu Mal Provinsi serta Baitul Mal Kabupaten dan Kementerian Sosial.

Muchsin juga menambahkan untuk memudahkan dan lebih fokusnya program pembangunan atau rehab Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) Pemkab Aceh Selatan perlu menyusun satu data base terpadu yang up to date sehingga akan lebih memudahkan dalam mengawasi atau membuat perencanaan yang tepat.

“Karena sekarang baik provinsi maupun pusat masih menggunakan data BDT Tahun 2015 sehingga perlu diverifikasi ulang dan sudah tentu banyak yang sudah tidak layak lagi mendapatkan bantuan. Hal ini sudah coba kami susun kerangka acuan kerjanya dan sudah kami sampaikan ke Bappeda semoga dapat direalisasikan di tahun 2020 nanti agar pembangunan di bidang perumahan ini tepat sasaran dan tidak tumpang tindih,” paparnya.

Pada acara sosialisasi ini juga dilakukan penyerahan Tenaga Fasilitator Lapangan (TFL) ke Kepala Desa yang langsung diserahkan oleh Asisten Ekonomi dan Pembangunan Zaini Bakri mewakili Bupati Aceh Selatan H Azwir.S.sos

Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Perkim) Aceh Selatan Fachruddin dalam paparannya mengatakan bahwa bantuan rehab rumah ini juga dilakukan pengawasan oleh internal dan external, seperti dilakukan review terlebih dahulu oleh Inspektorat baru dilakukan pencairan anggaran.

“Kita mengharapkan kepada kepala desa selaku tim teknis di desa untuk turut mengawasi dan membantu kelancaran program ini,” harapnya.

Acara sosialisasi ini juga turut dihadiri Kepala BPKKD, Diva Samudra Putra, Kepala Bappeda, Kabag Pembangunan, Pimpinan Cabang Bank Aceh Tapaktuan, dan perangkat desa dari desa-desa yang menerima Bantuan Rumah Swadaya (BRS) Tahun 2019.

Reporter    : Asmar Endi

Editor       : Nr

Publisher  : Redaksi

Facebook Comments