by

KIP Aceh Selatan Gelar Rapat Pleno

Aceh Selatan , Bratapos.com – Rapat pleno terbuka rekapitulasi penghitungan suara Pemilu 2019 tingkat Kabupaten Aceh Selatan yang berlangsung di Gedung Rumoh Agam, Tapaktuan, sejak Kamis (2/5/2019) malam diperkirakan akan rampung pada Senin (6/5) siang ini. Jadwal ini molor dari perencanaan awal yang semula ditargetkan akan selesai pada Sabtu (4/5).

“InsyaALLAH akan rampung siang ini, proses penghitungan suara sekarang ini tinggal dua kecamatan lagi yakni Kecamatan Meukek dan Sawang,” kata Ketua KIP Aceh Selatan, Saiful SE saat dihubungi di Tapaktuan, Senin (6/5) pagi.

Ia mengatakan, proses rapat pleno terbuka sejak dibuka pada Kamis malam terus diburu. Sesuai kesepakatan dengan para saksi dan Panwaslih, pelaksanaan rapat pleno digelar secara meraton siang dan malam.

“Seperti pada Minggu (5/5) kemarin, proses rapat pleno sempat berlangsung hingga Senin (6/5) pukul 02.00 WIB dinihari menjelang makan sahur perdana dibulan ramadhan tahun ini,” ujar Saiful.

Menurutnya, jalannya rapat pleno dari sejak hari pertama hingga hari keenam berjalan lancar dan aman terkendali. Meskipun sempat terjadi perdebatan sedikit alot seperti di Kecamatan Kluet Selatan, tapi mampu diselesaikan langsung pada hari itu juga.

Ia mengatakan, rapat pleno tingkat kabupaten merupakan bagian dari kegiatan rekapitulasi penghitungan suara Pemilu 2019 yang sebelumnya telah rampung digelar oleh masing-masing kecamatan.

“Kalau perdebatan alot itu pasti ada dan itu lumrah dalam rapat pleno, tapi alhamdulillah tidak sampai mengganggu tahapan rapat pleno. Bahkan sampai saat ini belum sampai terjadi harus buka kertas C1 Plano. Seperti yang sedikit alot itu di Kecamatan Kluet Selatan, cukup dibuka rekap pleno PPK (DA1), permasalahan sudah selesai . Karena kuncinya adalah hasil rekap suara di tingkat TPS hingga PPK,” ungkapnya.

Diburunya proses rapat pleno rekapitulasi suara tingkat kabupaten, kata Saiful, disebabkan karena pada Senin (6/5) hari ini, merupakan tenggat waktu terakhir rekap suara ditingkat kabupaten/kota seluruh Aceh. Soalnya, pada Selasa (7/5) KIP Provinsi Aceh akan menggelar proses rekapitulasi penghitungan suara Pemilu 2019 ditingkat provinsi berhubung rekap suara ditingkat pusat akan digelar pada 22 Mei 2019.

“Setelah selesai nanti, malam ini juga kami langsung berangkat ke Banda Aceh. Sebab pada Selasa besok akan berlangsung rapat pleno tingkat provinsi,” pungkasnya.

Reporter : Asmar Endi

Editor : dr

Publisher : Redaksi

REKOMENDASI UNTUK ANDA