Categories
Bratapos Semeru Bratapos Sumbagut Terbaru

Pemkab Aceh Selatan Gelar Seminar Program Pengembangan Pelayanan Bedah Saraf RSUYA Tapaktuan

Tapaktuan – Bratapos.com – Pemkab Aceh Selatan melalui Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) RSU Yuliddin Away Tapaktuan mengelar seminar Program Pengembangan Pelayanan Bedah Saraf yang bertema “Penanganan Kesehatan Terintegrasi Pada Pelayanan Bedah Saraf di RSUD dr.H.Yuliddin Away” Adapun kegiatan tersebut berlangsung di Gedung Rumoh Agam, Kecamatan Tapaktuan, Kamis (03/05/2019).

Direktur BLUD RSU H.Yuliddin Away Tapaktuan, dr Erizaldi M.Kes Sp.Og dalam sambutannya mengatakan, Rumah Sakit Yuliddin Away adalah salah satu rumah sakit yang Tipe B diantara Tiga Kabupaten tetangga yakni, Kabupaten Aceh Barat Daya, Kota Subulussalam dan Aceh Singkil. Sebab itu, Rumah Sakit ini dipersiapkan untuk menjadi Rumah Sakit Rujukan Regional bagian Selatan.

Adapun pelayanan spesialisasi yang sudah ada di RSYA meliputi Penyakit Dalam, Dedah, Paru, Anak, Kandungan, Mata, Jiwa, Rehab medik, Patologi Klinik, dan Anestesi.
Dan RSU Yuliddin Away Tapaktuan juga sudah mempunyai modal CT-Scan.

“Dari jumlah spesialis yang masih kurang ini, kehadiran pelayanan bedah saraf akan sangat banyak membantu pembangunna kesehatan di Aceh selatan. Diharapkan dengan kehadiran pelayanan bedah saraf, para praktisi kesehatan di wilayah aceh selatan mampu menjadi perpanjangan informasi kepada masyarakat. Sehingga perluasan dan peningkatan Pelayanan kesehatan komprehensif yang merupakan tujuan utama pembangunan kesehatan di Aceh Selatan,” ucapnya.

Selain itu, Pemda Aceh Selatan dan RS Yuliddin Away memiliki komitmen bekerja sama dengan Fakultas Kedokteran- Program Pendididkan Spesialis Bedah Saraf Universitas Gajah Mada untuk menghadirkan pelayanan bedah saraf yang akan menangani kasus cedera kepala, stroke dan kasus perdarahan.

Mengigat, demografis Aceh Selatan yang merupakan lalu lintas barat-Selatan dan sangat tingginya angka kejadian stroke perdarahan. Sebab, itu Pemda Aceh Selatan sangat terbuka untuk bekerjasama dengan fakultas kedokteran lainnya.

Dalam seminar ini Pemda Aceh Selatan bekerja sama dengan IDI dan Dinas Kesehatan untuk melaksanakan seminar kesehatan ini yang di hadirkan seluruh Dokter umum dari Puskesmas yang ada di Aceh Selatan.

“Kita harapkan degan ada nya seminar ini dapat memberikan promosi kepada masyarakat luas tentang kehadiran pelayanan bedah saraf di RSUDYA,” ungkapnya.

Adapun, Narasumber yang hadir dari Fakultas Kedokteran divisi bedah saraf, KesehatanKB Masyarakat dan keperawatan (FKKMK ), Universitas Gadjah Mada / RSUP dr Sardjito Yogyakarta.

Reporter : Asmar Endi

Editor : zai

Publisher : Redaksi