Categories
Bratapos Semeru Bratapos Sumbagut Terbaru

Limbah B3 Rs Rizky Bunda Dipertanyakan Pubik

AGAM SUMATERA BARAT, BrataPos.com – Tempat pembuangan limbah (B3) Rs Rizky Bunda Lubuk Basung, Kabupaten Agam Sumatara Barat jadi perbincangan masyarakat sekitar.

Bahkan ada juga yang sudah menyeruak jadi komsumsi publik. Pasalnya lebih kurang sepuluh tahun, di Operasikan RS Sakit tersebut tempat pembuangan limbah (B3) nya tidak di ketahui.

“Ironisnya, dalam hal itu tidak pernah ada sosialisasi terkait limbah dari pihak RS,” ujar salah seorang masyarakat yang enggan disebutkan namanya saat sedang berada di ruang lobi.

Dikatakannya lagi, Limbah tersebut disinyalir di angkat pada malam hari, entah di bawa kemana. Kami juga tidak mengetahui, katanya (28/4/2019).

Lanjut, menurut informasi adanya kerjasama dengan pihak ketiga. Konon khabarnya di daerah Pekan Baru. Yang menjadi pertanyaan sebelum adanya kerjasama dengan pihak ketiga, Limbah (B3) nya ke mana? Dan dinas terkait pada kemana?.

Sementara itu pemilik Rs Rizky Bunda ketika di konfirmasi terkait Limbah (B3) beberapa waktu lalu mengatakan, Limbah (B3) nya telah ter-verifikasi dari tahun 2012 lalu.

“Saat ini masuk verfikasi ke 3. Sedangkan limbah cair, kami punya Ipal dan limbah medis kerjasama dengan pihak ke tiga, yang di jemput sekali 2 hari,” ucap Dr Aladin.

Ditanyakan pengelolaan limbah sebelum tahun 2012 Dr Aladin terkesan menutup diri.

Disisi lain, untuk pelayanan saat ini pihak Rs Rizky Bunda tidak hanya melayani persalinan saja juga melayani penyakit dalam dan bedah.

Sementara di Lubuk Basung Tim DPW Garuda Nasional Indonesia Sumbar mengatakan, dari timnya telah melakukan konfirmasi terhadap Dinas lingkungan hidup Kabupaten Agam, Sumatara Barat.

Bahwasanya saat ini Rs Rizky Bunda sudah mengajukan dokumen Amdal dari Dinas Lingkungan hidup Kabupaten Agam sedang melakukan kajian amdalnya.

Sedangkan untuk Limbah (B3) nya ada kerjasama dengan pihak ketiga. Untuk menghindari tudingan-tudingan miring dari masyarakat Klh Agar melakukan Sosialisasi terkait limbah B3,” jelasnya.

Reporter : man

Editor : dr

Publisher : redaksi