KPU PATI PASTIKAN DATANYA VALID

by
58419460_1293528597465416_8815422110206787584_n

PATI , Bratapos.com – Komisi Pemilihan Umum atau (KPU) Kabupaten Pati memastikan data pengitungan suara pada pemilu 2019 yang mencakup pilpres dan pileg tidak salah hitung. Hal tersebut disampaikan Supriyanto Divisi Teknis Penyelenggara KPU Pati pada Sabtu (27/4).

Pihaknya mengatakan, kalaupun ada kesalahan pada TPS itu salinan dengan hologramnya tidak sama atau salah menaruh dari atas ke bawah. Untuk mengatasi hal tersebut, ada forum rekapitulasi di tingkat kecamatan yang bisa dijadikan acuan untuk perbaikan sebagai pelurusan dokumen yang seharusnya.

“Kalaupun masih ada temuan ketidaksamaan data, nanti bisa dilakukan lagi rekapitulasi tingkat kabupaten,” jelasnya

Kendati pun jumlah yang dikerjakan dalam proses rekapitulasi luar biasa banyak, Supriyanto mengaku akan tetap fokus dan maksimal. Kalaupun ada kesalahan saat itu bisa di benarkan saat pelaksanaan plano setelah rekapitulasi selesai.

“Untuk validitas data, nanti ada yang namanya rapat plano bersama. Disitu, semua bisa ikut hadir untuk melihat tayangan data yang sudah direkap, dan semua saksi dari semua parpol serta panwas bisa melihat dan mencocokan datanya,” terangnya.

Oleh sebab itu, diharapkan pada tingkat rekapitulasi semua saksi dari parpol bisa ikut hadir untuk mengawal sehingga ketidakcocokan data bisa di benarkan dalam forum tersebut. Sehingga Penghitungan jumlah suara akan dipastikan tidak ada kesalahan dan data benar-benar valid.

Reporter : Sholihul hadi

Editor : dr

Publisher : Redaksi

Facebook Comments