by

Disamping Mengawal Dan Menyukseskan Pemilu, Babinsa Koramil 05/Padang Berikan Pedampingan Pada Petani

PALUTA PADANG, BrataPos.com – Ditengah kesibukan mengawal dan mengamankan pelaksanaan Pemilu 2019. Babinsa Koramil 05/Padang Bolak Kodim 0212/Tapsel, Peltu Surbakti.

Ia menyempatkan dirinya untuk turun ke sawah berikan motivasi dan pendampingan kepada petani untuk menggarap lahannya, di desa Rondaman Dolok, Kecamatan Portibi, Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta), Sabtu (20/4/2019).

Babinsa Rondaman Dolok, Peltu Surbakti, mengaku membantu mengerjakan pengolahan lahan milik Kelompok Tani Subur Makmur dengan luas lahan 0,4 hektare.

Saat dampingi kegiatan pengolahan lahan tersebut, Peltu Surbakti memberikan motivasi dan semangat kepada pemilik lahan, untuk lebih bersemangat dalam bercocok tanam. Hal itu dilakukan, demi tercapainya swasembada pangan di wilayah Paluta.

“Persiapan lahan merupakan salah satu faktor terpenting yang perlu dilakukan dalam memulai usaha budi daya padi. Persiapan lahan yang baik, berpengaruh besar terhadap produktivitas tanaman. Banyak penelitian menunjukkan dengan melakukan persiapan lahan sebelum melakukan usaha budi daya bisa meningkatkan hasil panen,” ujarnya.

Selain memperbaiki tanah, pembersihan juga bertujuan memperlancar arus air dan menekan jumlah biji gulma yang terbawa masuk ke petak sawah. Pengolahan tanah merupakan cara untuk memperbaiki kondisi fisik, kimia maupun biologi tanah.

IMG-20190420-WA0104

Hal ini, kata dia mutlak dilakukan para petani sebelum melakukan penanaman bibit. Karena dengan pengolahan tanah yang baik dan benar, maka proses penanaman akan lebih mudah dan tentunya itu baik sekali untuk benih yang akan ditanam.

“Banyak manfaat pengolahan lahan, diantaranya memperbanyak atau memperbesar total volume rongga atau pori tanah. Dengan demikian maka aerasi tanah dan drainase lahan semakin baik, sehingga pasokan oksigen untuk metabolisme akar menjadi lebih lancar,” pungkas Peltu Surbakti.

Tugas pendampingan, untuk mendorong dan memotivasi masyarakat petani merupakan tugas para Babinsa dalam rangka pendampingan pertanian dalam upaya menyukseskan program swasembada pangan nasional.

Reporter : fs
Editor : jas
Publisher : redaksi

REKOMENDASI UNTUK ANDA