Bangsa Yang besar adalah bangsa yang mau belajar ( mencercai bangsa sendiri perlu jika memang pantas di cerca , tetapi menghargainya itu lebih baik )

by
Sholihul Hadi Kabiro Bratapos Pati
Sholihul Hadi Kabiro Bratapos Pati

Hajatan luar biasa besar telah usai diselenggarakan.Salut dan terima kasih untuk semua petugas yang yang terlibat dalam penyelenggaraan dengan sepenuh jiwa raga hingga larut malam , demi keyakinan pada demokrasi seluruh warga tetap menyala.

Sukur dan terimakasih bahwa partisipasi makin meningkat tinggi, ini kegembiraan, kepedulian dan semangat gotong royong yang tetap menyala, yang menjadi pijakan hati bahwa bangsa ini bisa terus melangkah ke depan di tengah semua tantangan.

Inisiatif untuk mengawal Pemilu adalah salah satu inisiatif cerdas yang menjaga optimisme dan kegembiraan kita. Meski ada perkembangan substansial dalam partisipasi demokrasi, tidak bisa dipungkiri bahwa dalam hajatan besar ini masih banyak bopeng wajah kita yang masih terlihat nyata. Kebiasaan menyuap masih dipertontonkan oleh para caleg. Masih ada penggunaan dan pembiaran ekspresi komunikasi yang tidak beradab dan memecah belah.

Masih banyak petugas, aparat dan pejabat yang kurang disiplin. Tapi lebih memalukan lagi bahkan ada sebagian masyarakat yang meminta uang suara, tanpa malu memperlihatkan mentalitas pengemis didepan komunitasnya. Bopeng ini penyakit kultural yang serius yang harus diobati dengan keteladanan elit pemimpin dalam menjunjung prinsip-prinsip dan penegakkan aturan. Tapi itulah kita, harus kita akui bopeng-bopeng itu supaya bisa mengubahnya.

Selebihnya mari kembali fokus pada pada pekerjaan kita masing dan banyak sukur menjadi Indonesia (Masri kita tudnukkan kepala beberapa sat untuk mendoakan Beberapa anggota KPPS yang meninggal karena kelelahan berdasarkan laporan detik news 1). Yaya Suhaya, 71, TPS desa Cilewo, kecakatan Telaga Sari, Karawang. 2) Supriyanto, ketua panitia KPPS Ciburalung, Cigalontang, Tasikmalaya. 3) Deden Damanhuri, KPPS 03 Cipendey, Kecamatan Bojong, Purwakarta, 5) Aiptu M. Saepudin anggota Pokres Bandung, mengawal logistik pemilu di Cilengkrang, kecamatan Bandung. Semoga semua amal baiknya untukk banyak orang ini mendapat balasan yang lebih baik….. alfatihah

Penulis Sholikhul Hadi / Kabiro Bratapos Pati

Facebook Comments