Bawaslu Madina,Tertibkan APK pasca Masa Tenang pemilu 2019

by
image(1)(1)

Madina, Bratapos.com – Pemilu 2019 memasuki masa tenang. Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menetapkan masa tenang Pemilu 2019 pada 14-16 April. Minggu (14/4/2019), berdasarkan Peraturan KPU (PKPU) 23/2018, selama masa tenang peserta pemilu dilarang melaksanakan kampanye dalam bentuk apa pun. Masa tenang berlangsung selama tiga hari sebelum hari dan tanggal pemungutan suara. Pemilu 2019 jatuh pada Rabu, 17 April.

Masa kampanye peserta Pemilu 2019 telah dimulai sejak September 2018. Terhitung hingga April 2019, para peserta pemilu, yaitu capres-cawapres dan caleg DPR/DPRD/DPD berkampanye selama 7 bulan.

Ketua Bawaslu Mandailing Natal Joko Arief budiono SH saat dikonfirmasi awak media ini menyatakan Masa kampanye sudah berkhir,hari ini kita akan menertipkan seluruh alat peraga kampanye (APK ) dan mengintruksikan seluruh bawahannya yang ada di kecamatan kecamatan agar menertibkan segala APK.

Terkait money politik, beliau menegaskan Sesuai dengan undang undang No 7 tahun 2017 tentang pemilihan umum.pasal 523 ayat 1 setiap pelaksana  peserta atau tiem pelaksana kampanye pemilu yang segaja menjanjikan atau memberikan uang dan materi lainya sebagai imbalan untuk langsung atapun tidak langsung kepada tiem kampaye,itu bisa dipidana paling lama dua tahun dan denda sebanyak 24jt hal itu pada masa kampanye,Pada ayat 2 setiap pelaksana atau tiem kampanye pemilu atau yang dengan segaja pada masa tenang menhajikan atau memberikan imbalan uang atau materi lainnya secara langsung maupun secara tidak lansung itu akan denda pidana paling lama 4 tahun dan denda 48 jt rupiah,Kemudian pada ayat 3 setiap orang yang dengan segaja pada hari pemungutan suara menjanjikan atau memberikan uang ataupun dengan materi lainnya kepada pemilih untuk tidak menggunakan hak pilihnya atau memilih peserta pemilu tertentu,itu dipidana kurungan 3 tahun atau denda 36jt,kalau ada yang terbukti para caleg melakukan money politik itu akan di diskualifikasi. Ujar beliau.IMG-20190415-WA0094

Ketua Bawaslu tersebut mengharapkan masyarakat ikut berperanserta  dalam membantu mengawasi tindak kecurangan kecurangan sekecil apapun.jika terjadi kecurangan,poto,vidio dan segera laporkan.Tambahnya.

Dalam penertiban alat peraga kampanye ( APK ) oleh team Bawaslu,Satuan polisi pamong praja (Satpol PP),dibantu pihak kepolisian polres Mandailing Natal,menyisir kota panyabungan guna menertibkan segala alat peraga kampanye.

Reporter : Kabiro Madina./ HC

Editing : Wo

Publisher : Redaksi

Facebook Comments