GELAR KOMSOS DENGAN KOMPONEN MASYARAKAT, KODIM 0212/TAPSEL HADIRKAN PENCERAMAH DARI POLRES, KEJARI DAN KABAN KESBANGPOL TAPANULI SELATAN

by
IMG-20190412-WA0027

 

PADANGSIDIMPUAN , Bratapos.comKomunikasi Sosial dengan Komponen Masyarakat se-wilayah Tapanuli Bagian Selatan yang digelar oleh Kodim 0212/Tapsel diisi dengan pemberian materi dan ceramah dari Polres Tapanuli Selatan, Kejari Padangsidimpuan dan Badan Kesbanfpol Kab. Tapanuli Selatan dilaksanakan di Aula Daulay-Simorangkor Makodim 0212/Tapsel, Padangsidimpuan (12/04/2019)

Kegiatan yang dihadiri komponen masyarakata se-wilayah Tabagsel ini dibuka oleh Dandim 0212/Tapsel yang diwakili oleh Kasdim 0212/Tapsel dan sebagai pemberi Ceramah antara lain Kapolres Tapanuli Selatan yang disampaikan oleh Waka Polres Kompol Jumanto, SH, dari Kejari Padangsidimpuan dihadiri oleh Kasipidum Kejari Padangsidimpuan Ahmad H. Harahap dan Kaban Kesbangpol Kab. Tapsel Hamdi S. Pulungan, S.Sos, MM.

Dalam ceramahnya Wakapolres Tapsel Kompol Jumanto, SH menyampaikan perlunya jalinan silaturahmi yang erat seluruh komponen masyarakat dalam kehidupan berbangsa dan bernegara terkait dengan perkembangan situasi akhir-akhir ini khususnya maraknya berita-berita Hoax agar masing-masing perorangan mencermati beredarnya berita maupun informasi baik melalui media sosial dan media lainnya ditindaklajuti dengan bijak dan sebaiknya mengecek berita/informasi tersebut kepada sumbernya ataupu bisa menghubungi kepolisian atau aparat lainnya di wilayah.

Selanjutnya Kasipidum Kejari Padangsidimpuan Ahmad H. Harahap dalam materinya menyampaikan tentang Penyalahgunaan Informasi/Berita Hoax di Media Sosial, dalam ceramahnya Kasipidum Kejari Padangsidimpuan menjelaskan tentang jenis-jenis informasi Hoax, penyebab serta dampak dari penyebaran informasi Hoax serta hukum pidana bagi penyebar informasi/berita Hoax.

Dikatakannya,bahwa dampak negatif dari penyebaran berita hoax cukup meresahkan, mulai dari mendapatkan rasa malu bahkan menimbulkan adanya potensi konflik sosial.

“Berita Hoax atau berita palsu ini sangat meresahkan dan bisa juga memalukan bahkan bisa menimbulkan konflik sosial di masyarakat, maka dari itu kita harus bijak dan menggunakan media sosial ” jelas Ahmad Harahap.

Sebagai pemberi materi terakhir yaitu tentang wawasan kebangsaan yang disampaikan oleh Kaban Kesbangpol Kab. Tapanuli Selatan Bapak Hamdi S. Pulungan, S,Sos, MM.

Disampaikan dalam ceramahnya, Bapak Hamdi S. Pulungan menyampaikan bahwa Bangsa Indonesia adalah bangsa dengan beragam etnis dan bangsa Agamis dengan beragam agama, terkait hal itu akan timbul potensi ancaman dari keberagaman diantaranya adanya konflik kepentingan terutama politik, perbedaan cara pandang hingga perbedaan pendapat, kesenjangan sosial dan ekonomi serta teknologi komunikasi.

Kegiatan ditutup dengan doa yang dipimpin oleh H. Sulaiman Pimpinan Ponpes Al-Abror Angkola Selatan dan foto bersama seluruh peserta.

Reporter : FS / Korlip Setabagsel

Editor : dr

Publisher : Redaksi

 

Facebook Comments