Pentingnya Asas Rahasia Dalam Hak Pilih

by
pemilu

BrataPos.com – Dalam Undang-undang No 7 Tahun 2017 kita mengenal istilah Asas LUBER JURDIL, yakni Langsung, Umum, Bebas, Rahasia, Jujur, dan Adil.

Terkait hal ini saya tertarik untuk membahas Asas Rahasia dalam sebuah Pemilihan Umum. Hal ini tak lepas dari maraknya pertengkaran antar golongan, Tetangga, Teman maupun Keluarga menjelang Pilpres 17 April mendatang.

Fenomena akhir-akhir ini telah menggugah saya untuk menulis sebuah opini ini, dimana pertumpahan darah berujung maut hanya karena bedanya pilihan politik.

Hal ini dikarenakan kurang diterapkannya Asas Rahasia dalam pribadinya masing-masing. Padahal  hak pilih setiap rakyat sudah dijamin kerahasiaannya oleh pemerintah atau dengan kata lain hasil pilihan yang masuk ke kotak suara tidak akan diketahui siapa pemiliknya. Namun, justru kali ini banyak pribadinya sendiri yang telah mengutarakan hak pilihnya didepan umum.

Menurut saya “Hak pilih kita itu ibarat kemaluan kita, apabila kita mendeklarasikan pilihan kita didepan umum, sama halnya kita mengumbar kemaluan kita didepan umum”. Untuk itu mari kita jaga Aib kita masing-masing demi menjaga persatuan dan persaudaraan diantara kita, dan mari kita gunakan Hak Pilih kita dengan baik.

Karena perbedaan itu bukanlah simbol perpecahan, melainkan perbedaan itu adalah sebuah kekayaan bagi kita, apabila kita bisa merealisasikan perbedaan itu dengan baik. (Dwiki F. Hidayat)

Facebook Comments