Pelatihan Saksi Parpol Di  Kecamatan Tanjung Raya Dalam Pemilihan Umun Tahun 2019

by
IMG-20190407-WA0016

Mesuji , Bratapos.com – Panitia Pengawas Pemilihan Umun (Panwaslu) Kecamatan Tanjung Raya menggelar kegiatan pelatihan saksi partai politik untuk pemilihan umum. Kegiatan pelatihan di gelar di Desa Gedung Mulya, Kecamatan Mesuji, Lampung. Senin (08/04/2019)

Acara ini pelatihan ini di mulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan di lanjutkan dengan pemutaran pidio Pemungutan Suara di TPS dan pemaparan materi dari ke-3 Komisaris Panwaslu dan Tanya Jawab.

Ketua Panwaslu (Suryadi) menyatakan, “Bahwa Pelatihan Saksi Parpol yang di lakukan pada hari ini adalah dalam rangka melaksanakan UU no.7 tahun 2017 tentang Pemilu dan juga dasar pelatihan saksi sesuai PKPU 3 tahun 2019 yaitu tentañg Pemungutan dan Penghitungan Suara.

Berdasarkan jadwal yang di buat oleh Bawaslu Mesuji, Kita Panwaslu Kecamatan Tanjung Raya ini melatih Saksi Parpol kw Bawaslu Mesuji kemaren.

Lebih lanjut lagi di paparkan, Bahwa Saksi adalah ujunh tombak Parpol untuk melihat langsung proses penghitungan suara di TPS, Melakukan pemeriksaan terhadap pemeriksaan terhadap kelengkapan pemungutan suara serta meminta mengenai hal-hal yang berhubungan dengan pelaksanaan pemungutan suara kepada KPPS.

IMG-20190407-WA0015

Sementara itu, Bapak Anurahman selaku Komisaris Panwaslu, dalam materinya yang menyatakan, “Saksi di larang memakai Atribut Partai saat menjadi saksi di TPS, juga tidak boleh mengganggu KPPS  dalam melakukan pekerjaannya dan saksi di larang juga membantu KPPS dalam pengisian Formulir Sertifikat hasil penghitungan suara atau biasa di sebut Formulir C.1. Imbuhnya.

Sementara itu, Caleg DPRD Kabupaten Mesuji dapil 3 Tanjung Raya (Ari Kanda) menyatakan bahwa, banyak sekali manfaat yang di peroleh dari pelatihan saksi yang di lakukan oleh Panwas. Baik untuk saksi Parpol maupun dari Caleg itu sendiri. Karena kebanyakan kita tidak tau mengenai perubahan regulasi tentang Undang-Undang dan PKPU. Jelasnya.

Reporter ; Yopi. Z.

Editing : zai

Publisher : Redaksi

Facebook Comments