KPU Kabupaten Mandailing Natal Menggelar Simulasi Pencoblosan Surat Suara

by
simulasi pencoblosan surat suara di Lapangan Simpang Jln. ABRI. (Foto HC)
simulasi pencoblosan surat suara di Lapangan Simpang Jln. ABRI

Madina,BrataPos.com – sabtu (06/04) KPU Kabupaten Mandailing Natal menggelar simulasi pencoblosan surat suara pada sabtu pagi. Simulasi dilaksanakan di lapangan Simpang jalan Abri panyabungan.

Ketua KPU Fadillah Syarif, mengatakan, simulasi ini merupakan proses ini yang dilakukan untuk ke 2 ( dua ) kalinya.

Pertama masih bimbingan teknisnya, rekapitulasi yang dilaksanakan didepan kantor KPU, Kayu Jati Kecamatan Panyabungan.WhatsApp Image 2019-04-06 at 23.47.44

Para peserta simulasi ini adalah para anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) dan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) serta Masyarakat.Nantinya diharapkan saat pelaksanaan Pemilu, para PPS, PPK serta dan warga segera familiar dengan tata cara pencoblosan, dan bisa membantu warga lainnya. Ujar syarief.

Dari pantauan Media Bratapos.com kegiatan simulasi sendiri dimulai pagi tadi hingga sore hari.

Simulasi ini bertujuan mengecek kesiapan dari penyelengara pemilu khususnya teman-teman KPPS dan untuk mengetahui sejauh mana kesiapan dan waktu yang dibutuhkan setiap tahapan-tahapan pemungutan dan perhitungan suara.

Menurut salah seorang warga, Abdullah umur 56 tahun saat diwawancarai oleh media Brata pos mengatakan,acara simulasi ini sangat penting karena banyak hal harus diperhatikan, seperti waktu dan tata cara mencoblos yang benar dan sah dalam penghitungannya suata di TPS nantinya.

KPU berharap, dengan sosialisasi ini angka partisipasi pemilih bertambah dan meningkat, serta surat suara tidak sah bisa berkurang.

Reporter : Kabiro Madina./ HC

Editing : Wo

Publisher : Redaksi

Facebook Comments