by

RAKYAT HARUS TELITI DAN SELEKTIF DI PEMILU 2019

Aceh Selatan , Bratapos.com – Rakyat harus teliti dan selektif di Pemilu 2019J angan Pilih Caleg incumbent yang tidak ada prestasi serta caleg baru yang tidak berkualitas.

Masyarakat Aceh Selatan dihimbau untuk tidak memilih calon anggota legilatif yang tidak punya prestasi baik caleg pendatang baru apalagi caleg incumbent.

Masyarakat mesti memperhatikan daftar calon legislatif (Caleg) dalam wilayah pemilihannya dan mengenali figur sang Caleg, ini sebagai langkah awal untuk mengontrol kualitas calon wakil rakyat periode 2019-2024 nanti.

Aspek sosial dan moralitas serta peran aktifnya dimasyarakat bisa dijadikan tolok ukur penilaian untuk menentukan siapa yang pantas dipilih sebagai wakil rakyat.

Pengawasan terhadap para caleg ini sebenarnya dapat lebih efektif dilakukan oleh warga di daerah pemilihan setempat. Warga pasti mengetahui bagaimana perilaku keseharian calon anggota legislatif yang mencalonkan diri dari daerah tersebut.

Memilih caleg yang berkualitas menjadi penting karena lembaga legislatif merupakan bagian dari pemerintah daerah yang menentukan keberhasilan pembangunan di daerah. Salah memilih caleg akan berakibat buruk di masa depan. Dampak buruk ini akan dirasakan oleh masyarakat sendiri selama lima tahun.

Dampak buruk seperti misalnya tidak adanya Rancangan Qanun inisiatif Dewan, lemahnya pengawasan terhadap kinerja eksekutif dan pembangunan, tidak berfungsinya anggota dewan sebagai wakil rakyat dan Angggota DPRK malah cenderung berebut proyek daripada mengurusi kepentingan masyarakat.

Menurut catatan Formak, di antara calon anggota legislatif Kabupate Aceh Selatan saat ini masih ada yang berorientasi pekerjaan.

Bisa diambil contoh misalnya Anggota Dewan Perwakilan Rakyat yang selama ini tidak melakukan kegiatan reses di Daerah Pemilihannya untuk menjaring Aspirasi masyarakat selama menjabat dari tahun 2014, tidak ada peran ketokohan yang dilakukan dilingkungannya, namun mencalonkan diri kembali pada pemilu tahun 2019 ini, maka mereka ini tidak layak untuk dipilih kembali.

Meskipun demikian, kita idak menyangkal bahwa ada juga calon anggota legislattif yang memang memiliki visi pembangunan yang jelas.

Kita melihat bahwa dari sisi kualitas, anggota dewan dalam beberapa periode ini kurang berkualitas, dan tentu dengan pemilu 2019 ini pula kita harapkan bisa menghasilkan Anggota Dewan Kabupaten Aceh Selatan yang benar-benar refresentasi masyarakat dan berkualitas. Untuk itu juga kepada masyarakat kita harapkan agar lebih selektif dalam menentukan pilihannya, serta tidak mudah tergoda dengan praktek suap atau usaha beli suara oleh caleg-caleg yang tidak berkualitas tersebut , Semoga.Tapaktuan, 01 April 2019L SM FORMAK Aceh Selatan A LIZAMZAM

Reporter : Asmar Endi

Editor : dr

Publisher : Redaksi

REKOMENDASI UNTUK ANDA