Babinsa Koramil 09/Sosa, Berikan Motifasi Pada Warga Yang Menjaga Siskamling

by
IMG-20190324-WA0051

PADANG LAWAS, BrataPos.com – Dalam Rangka menjaga Keamanan lingkungan di Desa Tanjung Botung, Kecamatan Sosa, Kabupaten Padang Lawas Provinsi Sumatra Utara, yang merupakan Desa binaannya Serda Andik Santoso Babinsa Koramil 09/Sosa Kodim 0212/Tapsel, tingkatkan Penjagaan Siskamling bersama warga setempat, Sabtu (23/03/2019).

Siskamling (Sistem Keamanan Lingkungan), merupakan upaya bersama dalam meningkatkan sistem keamanan dan ketertiban masyarakat, yang memberikan Perlindungan dan Pengamanan bagi masyarakat.

Hal itu dilakukan, dengan mengutamakan upaya-upaya pencegahan dan menangkal bentuk-bentuk ancaman dan gangguan Kamtibmas (Keamanan dan Ketertiban Masyarakat).

Babinsa Koramil 09/Sosa bersama warga yang bertugas jaga malam Poskamling melaksanakan Patroli, dan Pemantauan keamanan di Pos Kamling Desa Tanjung Botung. Kegiatan ini dilakukan  dalam rangka menjaga keamanan dan ketertiban di masyarakat.

Serta bertujuan untuk mendorong masyarakat, agar giat melakukan Ronda malam atau menjaga lingkungan pada malam hingga dini hari.

IMG-20190324-WA0050

Menurut Serda Andik Santoso, menjaga keamanan dan ketertiban wilayah, merupakan tanggung jawab dari semua warga. Untuk itu, perlu Motivasi dari perangkat Desa dan Babinsa. Agar warga dapat aktif melaksanakan siskamling.

“Keamanan dan ketertiban lingkungan adalah tanggung jawab setiap warga, bukan merupakan tanggung jawab perangkat Desa,  Babinsa maupun Babinkantibmas saja,” jelasnya.

Kemudian Babinsa itu hanya melanjutkan. Babinsa dan Babinkamtibmas juga perangkat Desa hanya bisa menghimbau, mendampingi serta memotivasi warga. Agar aktif melaksanakan Siskamling. Sehingga keaman dan ketertiban lingkungan dapat selalu dalam keadaan Kondusif.

Kesadaran masyarakat dalam berpartisifasi bidang Keamanan dan Ketertiban, merupakan Potensi Pengamanan Swakarsa yang perlu dilestarikan dan ditingkatkan.

Hal itu, guna menumbuh kembangkan sikap mental, kepekaan dan daya tanggap setiap warga masyarakat, dalam mewujudkan Keamanan dan Ketertiban disetiap lingkungannya masing-masing.

Reporter : Fs
Editor : jas
Publisher : redaksi

Facebook Comments